Ilustrasi/Testube
Health

Hindari Stres karena Corona, Ayo Tingkatkan Hormon Bahagia

Newswire
Kamis, 12 Maret 2020 - 11:25
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Stres dan cemas belakangan menjadi bagian tak terpisahkan dari merebaknya kasus infeksi virus Corona. Informasi yang diperoleh secara tidak memadai ditambah berbagai informasi tidak terverifikasi di media sosial bisa menambah kecemasan di masyarakat.

Dirasakan atau tidak, pemberitaan mengenai penyakit Virus Corona atau COVID-19 memiliki dampak psikologis tersendiri bagi masyarakat. Selain itu, tuntutan pekerjaan yang banyak, permasalahan hidup sehari-hari serta kemacetan yang terjadi di mana-mana juga merupakan salah satu sumber stres.

Padahal, seperti ditulis Antara mengutip Nena Mawar Sari, Psikolog Klinis Remaja Dewasa di Denpasar Mental Health Centre, stres yang berkepanjangan dapat menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit degeneratif serta menurunnya imun atau kekebalan tubuh. Penurunan imun berpotensi membuat seseorang menjadi mudah sakit. "Banyak orang yang mengabaikan stres, padahal jika ditangani sejak dini stres dapat dikelola dan diatasi," ujarnya.

Melakukan olahraga rutin juga sama dengan melatih tubuh untuk merespons stres lebih baik, termasuk merespons perubahan fungsi dan fisiologis tubuh seperti detak jantung menjadi lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah meningkat. Olahraga dapat menurunkan dan membuat perubahan tersebut menjadi normal kembali.

Stres berdampak buruk bagi fungsi tubuh. Stres dapat menimbulkan perubahan fisiologis pada tubuh, seperti detak jantung lebih cepat, peningkatan nafsu makan, dan sebagainya. Dengan berolahraga secara rutin, fungsi tubuh yang berubah dan dampak stres juga dapat diatasi.

Olahraga adalah bentuk lain dari 'stres' fisik bagi tubuh. Sederhananya, dengan membiasakan diri berolahraga maka tubuh belajar beradaptasi dan terbiasa menghadapi stres fisik dengan baik.

Dengan adaptasi tersebut, tubuh dapat dengan mudah beradaptasi dan bertahan menghadapi tekanan lainnya. Berbagai macam olahraga dapat membantu menurunkan stres, sehingga Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat untuk membuat tubuh rileks.

Olahraga yang mudah dan sederhana dapat Anda lakukan seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan sebagainya. Namun, yang terpenting adalah melakukannya dengan rutin dan teratur. Dengan begitu tubuh akan terbiasa dengan hal tersebut.

Cobalah melakukan olah raga yang Anda sukai. Selain akan membuat Anda nyaman ketika melakukannya, mood dan emosi akan lebih mudah terkontrol sehingga stres pun menurun.

Berikut manfaat berolahraga dalam mengatasi stres:

Mengurangi ketegangan

Berolahraga selama 30 menit dapat mengalihkan pikiran-pikiran negatif. Lampiaskan semua stres Anda pada alat olahraga, dan rasakan pembersihan yang muncul ketika semuanya dicurahkan.

Meningkatkan hormon bahagia

Melakukan aktivitas secara fisik akan melepaskan endorfin, yang bertindak sebagai peningkat suasana hati (mood) alami. Efek dari olahraga teratur pada depresi merupakan obat yang sangat ampuh.

Lebih fokus

Endorfin yang diproduksi selama olahraga juga mempertajam proses mental dan meningkatkan konsentrasi. Menjadi aktif akan mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru, yang dapat membantu memerangi stres berkaitan dengan penurunan mental yang banyak dialami oleh orang-orang saat mereka tumbuh dewasa.

Meningkatkan kepercayaan diri

Memiliki suasana hati yang baik berarti seseorang memiliki kontrol diri yang efektif. Olahraga adalah investasi, tidak hanya dalam menghilangkan stres dan mendapatkan kesehatan yang lebih. Suasana hati yang lebih baik jika dikombinasikan dengan tampilan yang menarik akan memberikan dorongan dalam diri yang meningkatkan rasa percaya diri.

Meningkatkan kualitas tidur

Jika Anda memiliki kesulitan tidur di malam hari, ada kemungkinan bahwa penyebab insomnia Anda adalah stres. Stres seringkali membawa pada kesulitan tidur, yang dapat menyebabkan masalah-masalah lainnya, jika tidak ditangani secara cepat. Aktivitas singkat di awal atau tengah hari dapat membantu seseorang kembali ke pola tidur yang normal.

Daya tahan tubuh lebih kuat

Stres berdampak sangat kuat pada tubuh, yang secara langsung mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh. Stres kronis dapat menghasilkan lebih banyak pilek dan flu, serta umumnya merasa lelah. Berolahraga setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat pertahanan yang kuat terhadap penyakit.

Dengan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup serta dilakukan dengan rutin maka seharusnya stres tidak menjadikan seseorang terpuruk dalam kondisi yang lebih buruk. Lakukan sekarang dan mulailah berolah raga serta atasi stres sekecil apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro