Euro truck simulator 2
Fashion

Belajar Jadi Juragan Truk Lewat Euro Truck Simulator

Rezha Hadyan
Jumat, 13 Maret 2020 - 12:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda ingin merasakan sensasi menjadi pengemudi truk sungguhan? Apakah Anda juga penasaran ingin menjadi pengelola usaha angkutan barang? Mungkin gim ini bisa mewakili keinginan Anda.

Euro Truck Simulator 2 (ETS 2) adalah gim simulasi besutan SCS Software yang bisa Anda mainkan di komputer meja (desktop) atau laptop dengan spesifikasi minimal setara prosesor Intel Dual Core 2,4 GHz. Adapun, grafis minimal setara Intel HD 4000 atau Nvidia GeForce GTS 450, RAM 4 GB, dan ruang penyimpanan yang tersisa minimal 3 GB.

Namun, Anda disarankan untuk menggunakan desktop atau laptop dengan spesifikasi paling tidak Intel Quad Core 3 GHz dengan kartu pengolah grafis NVIDIA GeForce GTX 760, RAM 6 GB, dan Virtual RAM (VRAM) 2 GB.

Spesifikasi yang diminta oleh gim tersebut bisa dibilang tak terlalu berat untuk saat ini. Wajar saja, karena gim ini pada dasarnya adalah gim lama yang dirilis pada 2012. Namun, gim ini masih mendapatkan pembaruan dari SCS Software melalui situs resminya dan platform distribusi digital Steam.

Saat pertama kali memainkan gim ini, Anda terlebih dahulu harus memberikan nama perusahaan Anda dan menentukan lokasi garasi atau kantor pusat. Anda bisa memilih lokasi di sejumlah kota besar di Eropa.

Setelahnya, Anda baru bisa memilih jenis pekerjaan yang tersedia di perusahaan atau pelabuhan di sekitar kantor pusat. Untuk tahap awal, karena belum memiliki uang yang cukup untuk membeli armada truk sendiri, mau tidak mau Anda harus menggunakan truk yang disediakan perusahaan.

Benda yang diangkut bermacam-macam, tetapi yang jelas makin berisiko tinggi benda yang diangkut bayaran yang Anda terima makin tinggi. Demikian halnya dengan jarak tempuh, semakin jauh tentunya bayaran Anda menjadi lebih besar.

Namun, untuk mengangkut benda-benda berisiko tinggi seperti BBM atau material yang mengandung radioaktif diperlukan sertifikat khusus yang baru bisa Anda dapatkan setelah melewati level tertentu. Hal tersebut berlaku juga bagi angkutan barang ekspres.

SEPERTI SUNGGUHAN

Jika Anda mengira mengemudikan truk di ETS 2 layaknya mengemudikan mobil di gim-gim balap, itu jelas salah besar. Untuk mengemudikan truk di gim ini Anda terlebih dahulu memahami fitur-fitur dan instrumen yang lazim digunakan di truk, terutama truk-truk pabrikan Eropa.

Anda harus tahu terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan perangkat rem berbeda, mulai dari rem biasa hingga rem tambahan seperti exhaust brake dan retarder brake.

Demikian halnya instrumen-instrumen yang ada, sebelum truk dijalankan pastikan kondisi tangki BBM, tekanan udara, lampu-lampu, hingga klakson berfungsi dengan baik. Satu lagi, pahami betul karakteristik truk yang Anda gunakan, seberapa besar tenaganya, torsinya, jenis transmisi yang digunakan, hingga sumbu roda yang terpasang.

Belajar Jadi Juragan Truk Lewat Euro Truck Simulator

Instrumen dalam Euro Truck ini mirip seperti sungguhan./istimewa

Jangan sampai Anda mengalami kecelakaan saat mengemudikan truk. Selain merusak truk Anda, tentunya barang yang diangkut ikut rusak. Mau tidak mau, Anda harus bertanggung jawab dan membayar ganti rugi kepada perusahaan.

Pada gim ini Anda bisa memilih truk dari sejumlah pabrikan ternama di Eropa. Apabila truk tersebut milik sendiri, Anda bisa memodifikasinya sebelum menjelajah setiap sudut Benua Biru. Anda juga bisa memiliki lebih dari satu truk dan merekrut sopir untuk mengemudikan truk tersebut layaknya seorang juragan.

Semakin banyak truk yang Anda miliki tentu semakin banyak pendapatan yang bisa diraih. Seru bukan?

MODIFIKASI KENDARAAN

Bisa jadi hal ini yang membuat ETS 2 masih digandrungi oleh lebih dari 15.417 pemain di seluruh dunia menurut catatan Steam. SCS Software selaku pengembang memberikan kesempatan bagi tangan-tangan kreatif untuk memodifikasi gim tersebut lewat mod.

Mod yang tersedia beragam, mulai dari penambahan komponen aksesoris baik eksterior maupun interior, penambahan atau penggantian jenis kendaraan (truk atau gandengannya), hingga peta jalanan yang dilalui.

Untuk melihat jenis-jenis mod yang tersedia, Anda bisa mengunjungi sejumlah situs komunitas penggemar ETS 2 atau platform Steam. Mod tersebut bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma atau berbayar.

Belajar Jadi Juragan Truk Lewat Euro Truck Simulator

Grim truk ini bisa mengangkut benda-benda berisiko tinggi seperti BBM atau material yang mengandung radioaktif diperlukan sertifikat khusus yang baru bisa Anda dapatkan setelah melewati level tertentu. Hal tersebut berlaku juga bagi angkutan barang ekspres./istimewa

Menariknya, di Indonesia banyak penggemar ETS 2 yang membuat mod peta jalanan Indonesia dengan berbagai variasinya. Ada peta jalanan di Jawa—Bali, hingga Sumatra dengan detail yang berbeda-beda.

Anda bisa merasakan mengemudi di berbagai jalur ekstrim seperti Sitinjau Laut dan Kelok 9 di Sumatra Barat, Tanjakan Nagreg di Jawa Barat, Alas Roban di Jawa Tengah.

Semuanya tentu hasil kreativitas modifikator atau modder dari dalam negeri. Nah, yang tak kalah menarik adalah banyak modder Indonesia yang mengubah truk dalam gim ini menjadi bus.

Jadi, jangan kaget jika Anda menemukan video di Youtube yang menampilkan aksi mengemudikan bus antarkota ternama dengan berbagai model karoseri lokal di ETS 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro