Ilustrasi/Entrepreneur
Health

Terpaksa Kerja di Luar Rumah ? Ini Saran WHO

Newswire
Rabu, 18 Maret 2020 - 06:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah mengimbau agar penerapan kerja dari rumah atau work from home diberlakukan menyusul merebaknya wabah virus corona.

Tetapi, banyak perusahaan yang ternyata tidak menerapkan aturan itu dan masih banyak pegawai yang kerja di luar rumah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan Anda tetap menjaga higiene diri hingga menjaga jarak aman dengan orang yang menunjukkan gejala.

Di perjalanan

Terapkan kebersihan tangan sesering mungkin terutama setelah berkontak dengan sekresi pernapasan termasuk tetesan air dari bersin atau batuk yang dikeluarkan.

Jika Anda bepergian menggunakan kendaraan umum, ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, Charles Gerba mengingatkan, mencuci tangan setelah turun dari kendaraan umum untuk memastikan kuman dan virus enyah.

Cucilah tangan menggunakan air dan sabun atau pembersih tangan berbasis alkohol. Ingatlah, pembersih tangan disarankan jika tak ada kotoran terlihat di tangan.

Cara ini, menurut Gerba lebih efektif ketimbang mengenakan sarung tangan karet sepanjang perjalanan.

Jangan lupa menutup hidung dan mulut menggunakan bagian dalam sikut atau kertas tisu saat batuk atau bersin. Buang segera tisu setelah pakai.

Usahakan sebisa mungkin tidak menyentuh area wajah, termasuk hidung, mata dan mulut.

Masker bedah tidak dibutuhkan jika Anda tak menunjukkan gejala COVID-19. Tidak ada bukti masker bisa melindungi orang sehat dari paparan.

Sebaiknya hindari kerumuman misalnya di jam-jam tertentu saat kendaraan umum biasanya dipadari banyak orang. Berada di kerumuman bisa meningkatkan risiko Anda tertular kuman terutama yang ditransmisikan dari batuk dan bersin.

WHO menyarankan, sebaiknya menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang yang menunjukkan gejala atau setidaknya batuk dan bersin.

Sebisa mungkin hindari menyentuh ponsel selama di perjalanan karena benda ini bisa menjadi tempat subur untuk kuman. Jari-jari kotor Anda sudah menyentuh tiang atau pegangan di kendaraan umum lalu menyentuh layar ponsel dan pipi.

Sampai di tujuan

Anda bisa membersihkan layar ponsel setelah sampai di kantor, rumah atau tujuan perjalanan Anda.

Jika kantor tempat tujuan Anda, pastikan membersihkan semua peralatan kantor yang Anda pakai yakni keyboard, dan telepon kantor menggunakan desinfektan.

Ahli kesehatan seperti dilansir laman CNN menyarankan membiarkan permukaan benda tetap basah setidaknya 3-5 menit sebelum Anda keringkan menggunakan tisu.

Jangan lupa cuci tangan setelah makan, memegang pegangan pintu atau sekedar menyentuh hidung.

Saat bertemu rekan-rekan, sebaiknya hindari dulu berjabat tangan atau bentuk kontak fisik lainnya. Virus bisa menyebar melalui tangan. Sebaiknya sapa kolega Anda dengan anggukan atau cara lainnya yang tidak memerlukan kontak fisik.

Pastikan tisu tersedia di kantor Anda terutama untuk mereka yang batuk atau pilek.

Saat harus hadiri rapat atau pertemuan

Pastikan semua orang paham untuk tidak melakukan kontak fisik saat menyapa.

Sebaiknya anjurkan semua anggota rapat mencuci tangan secara teratur, menutupi wajah mereka dengan menekuk siku atau tisu jika mereka batuk atau bersin. Jangan lupa, sediakan tempat sampah tertutup untuk membuangnya tisu bekas bersin atau batuk.

Taruhlah, botol berbasis alkohol untuk membersihkan tangan di sekitar Anda.

Jika ada ruang, atur tempat duduk sehingga peserta setidaknya berjarak satu meter satu sama lain. Jika memungkinkan, buka jendela dan pintu untuk memastikan tempat tersebut berventilasi baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro