Karantina diri sendiri usai pulang dari luar negeri./istimewa
Health

Karantina di Rumah, Ini Cara Merawat Diri

Newswire
Kamis, 19 Maret 2020 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usai melancong dari luar negeri, maka pulang ke Tanah Air adalah hal yang paling nyaman. Namun, saat virus corona (Covid-19) mewabah, terdapat prosedur yang harus dijalani pelancong.

Pelancong harus mengkarantina diri sendiri di rumah selama dua pekan. – dan pada kasus tertentu bisa lebih. Apa yang harus Anda lakukan agar tak bosan?

Paula Froelich menulis untuk Majalah Travel and Leisure, pengalamannya melepaskan diri dari tekanan, saat ia menjalani karantina di rumahnya sendiri, “Anggap saja sebagai staycation,” tulisnya.

Mula-mula, ia menyarankan untuk mensterilkan rumah. Hal ini penting, untuk mengurangi paranoid. Lalu, pesannya sejumlah makanan kaleng dan kudapan beku, untuk persediaan selama dua pekan.

Nah, berikutnya lakukan beberapa hal seperti yang disarankan Froelich, sebagaimana dinukil dari Travel and Leisure.

Berolahraga

Jika Anda memiliki peralatan olahraga di rumah, ini mungkin jadi lebih mudah. Namun, jika tak memilikinya, putarlah video milik instruktur senam legendaris seperti Jane Fonda. Videonya banyak di Youtube, atau mungkin instruktur-instruktur lainnya, yang Anda gemari.

Saat berolahraga, putarnya musik-musik yang Anda sukai. Sebagai barbel, Anda bisa menggunakan kaleng sup. Perbanyak sit up, usai dikarantina, Anda akan banyak mendapatkan manfaat.

Buat jadwal

Buat jadwal yang mencakup slot waktu untuk tugas-tugas atau kegiatan sehari-hari di rumah – dan taatilah jadwal itu. Jadwal-jadwal itu menghindarkan Anda dari bermalas-malasan.

Kontak kawan-kawan

Kesendirian itu nyata dan bisa menyikasi, terutama ketika Anda tidak memiliki kontak dengan orang-orang. Carilah dukungan keluarga dan teman-teman dan mulailah terhubung dengan beberapa atau semuanya sehari sekali. Gunakan telepon seperti tahun 1990-an, atau lebih baik lagi, telekonferensi.

Pantau media

Jika jarang membaca berita atau menonton televisi, karantina merupakan saat yang tepat untuk menggali berbagai informasi. Juga mulailah menonton komedi atau acara yang membangkitkan semangat, dan ambil buku.

Ambillah hobi baru

Bila ada alat musik di rumah, bisa menjadi alternatif membunuh rasa bosan. Atau cobalah hobi baru, seperti memasak. Lihatlah tutorialnya di Youtube atau TV kabel. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan rasa makanan kaleng dan kudaan beku.

Tetap tenang

Ini penting. Unduh aplikasi seperti Insight Timer atau Calm (Insight Timer bahkan menawarkan  meditasi gratis yang berlangsung antara dua menit hingga dua jam). Dua aplikasi itu mengurangi kecemasan dan stres, dan akan membantu Anda bernapas lega. Juga, menjauhlah dari orang yang suka panik. Mereka tidak membantu, dan bahkan membuat suasana kian tegang.

Menjauh dari kartu kredit

Belanja online bisa membuat ketagihan dan memberi dopamin yang sangat dibutuhkan. Tapi jangan menyerah. Pasalnya, saat karantina, keperluan diri jadi lebih mahal, menghemat menjadi hal yang penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro