Relationship

Work From Home? Ini Tips Video Call yang Baik

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 19 Maret 2020 - 07:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Saat Anda harus bekerja dari rumah, teknologi memungkinkan untuk bekerja dari jarak jauh dan video call bisa diterima sebagai cara untuk melakukan pertemuan. Namun, video call tidak selalu mudah.

Apalagi bagi para orang tua yang harus bekerja di rumah, Anak minta digendong, suara bising di sekitar dan berbagai tantangan lainya.

Dilansir dari siaran resmi Google Indonesia, berikut ini tips yang semoga dapat membantu Anda untuk pengalaman video call yang lebih baik.

1.Atur tempat dengan benar

Ketika ingin membicarakan masalah yang rumit atau mengeksplorasi ide, video call lebih efisien daripada chat atau email. Namun saat melakukan panggilan, pikirkan lingkungan sekitar Anda, misalnya latar belakang (pilih tembok polos, dan hindari jendela yang akan memberikan cahaya belakang yang terlalu banyak), dan kalau Anda menggunakan laptop, taruhlah di tempat yang stabil.

Hindari melakukan video call dengan laptop yang dipangku—goyangan-goyangan kecil selama panggilan dapat mengganggu fokus dari penerima panggilan.

2.Undang siapa saja, kapan saja

Video call tidak harus terjadwal, ketika Anda sedang berkomunikasi melalui email yang ternyata menjadi terlalu panjang, Anda bisa dengan mudah membuat video call dan mengundang orang-orang di dalam atau di luar organisasi Anda untuk bergabung. Hangouts Meet otomatis menghasilkan kode agar orang dapat melakukan panggilan melalui komputer, ponsel atau dari mana saja.

Anda bisa mengundang orang melalui berbagai pilihan, contohnya dari aplikasi Kalender dari Google, langsung ke https://meet.google.com dan memasukan kode rapat, URL link rapat yang dikirim melalui email. Buka pusat bantuan kami untuk belajar menggunakannya.

3. Suara tidak jelas? Aktifkan teks

Jika Anda sedang di tempat ramai tanpa headphone yang cukup bagus, Anda dapat menggunakan fitur teks otomatis Meet untuk menampilkan teks secara real-time (seperti subtitel di TV). Cukup dengan melihat di bagian bawah jendela Meet, aktifkan teks atau Menonaktifkan teks

4. Menyajikan presentasi? Hanya tampilkan bagian yang diinginkan

Pernahkah Anda membagikan layar dan tiba-tiba semua orang dalam video call bisa membaca email Anda? Untuk menyajikan presentasi, lihat di pojok kanan bawah Anda, pilih “Presentasikan sekarang”. Anda memiliki pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang ingin Anda tampilkan, presentasikan satu jendela (dan bukan seluruh layar).

5. Ingin melihat ruangan? Ganti tata letak layar

Salah satu fitur Meet adalah memungkinkan pengubahan tata letak video call. Jika seseorang sedang menyajikan slide tetapi terjadi diskusi yang penting di ruangan kantor, Anda dapat mengganti tata letak untuk berfokus pada orang-orang di kantor, alih-alih presentasinya.

6.Tunjukkan sedikit kehidupan nyata Anda

Semua orang punya hidup di luar pekerjaan. Bergantung pada budaya tempat kerja Anda, mungkin tidak apa-apa (atau malah bagus) jika Anda menunjukkan sepotong kehidupan “nyata” misalnya membiarkan anak Anda melambaikan tangan ke kamera atau melahap makan siang Anda ketika Anda memiliki jadwal video call sepanjang hari.

Menunjukkan sedikit kehidupan Anda dapat membangun hubungan yang lebih dalam dengan rekan kerja dan bahkan menimbulkan empati mengenai apa pun yang sedang Anda tangani di luar pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro