Virus Corona penyebab sindrom pernapasan MERS/bbc.co.uk
Health

Memutus Dugaan Virus Corona dapat Menyerang Pasien yang Telah Sembuh

Newswire
Senin, 23 Maret 2020 - 22:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada pemikiran lain ketika pedoman tentang jarak sosial dan tindakan pencegahan keselamatan lainnya menjadi lebih mendesak untuk dilakukan masyarakat saat menghadapi wabah virus Corona (Covid-19). Musababnya, yakni pertanyaan yang mungkin kerap timbul: bisakah Anda terinfeksi virus Corona kembali setelah dinyatakan sembuh?

Kekhawatiran tentang infeksi ganda muncul pertama kali setelah pemerintah Jepang membuat pernyataan tentang seorang wanita berusia empat puluhan yang telah dipulangkan pascaperawatan virus Corona pada tanggal 1 Februari. Nyatanya, wanita itu kembali ke rumah sakit dengan hasil positif untuk kedua kalinya pada tanggal 26 Februari.

Namun, laporan berita berspekulasi tentang apakah dia benar-benar terinfeksi ulang dengan virus Corona, tidak pernah sepenuhnya pulih di tempat pertama atau apakah salah satu tesnya gagal?

"Ada masalah dengan kualitas pengujian, yang dapat dimengerti mengingat beberapa faktor dapat berdampak negatif terhadap keakuratan test kit yang dikembangkan dalam waktu singkat," jelas Dokter Randy Orr Direktur Medis Unit Perawatan Intensif di Rumah Sakit Hutan Danau Northwestern.

Terdapat beberapa alasan untuk percaya bahwa infeksi ganda mungkin tidak menjadi perhatian utama. "Riwayat sebelumnya menunjukkan bahwa begitu seorang pasien terinfeksi virus Corona, mereka akan memiliki tingkat kekebalan atau perlindungan yang signifikan dari virus tersebut dalam beberapa bulan setelahnya," ucapnya.

Dengan kata lain, Dokter Orr percaya bahwa corona ini berperilaku seperti virus lain, yang pada umumnya sulit untuk dikontrak kedua kalinya setelah dilawan oleh daya tahan tubuh. "Biasanya dengan virus, setelah seorang pasien terinfeksi, kecil kemungkinannya mereka akan terinfeksi lagi," kata Dokter Orr. Setelah pasien pulih, infeksi awal itu pada dasarnya berfungsi sebagai vaksinasi terhadap penyakit itu.

Sistem kekebalan pasien sekarang mengakui bahwa virus harus menemuinya lagi. Sebagai akibatnya, sistem kekebalan dipersiapkan untuk melawan virus, sehingga baik tidak ada infeksi sama sekali atau mungkin bentuk minor dari penyakit ini.

Biasanya, ketika orang terjangkit suatu penyakit lebih dari satu kali, itu adalah bakteri, bukan virus -seperti radang tenggorokan- atau salah satu dari banyak strain dari jenis virus yang sama. Rhinovirus, jenis virus yang menyebabkan flu biasa, memiliki lebih dari 160 jenis yang dikenal, karenanya mengapa Anda bisa terserang flu berkali-kali.

Dokter Orr menekankan masih banyak yang harus dipelajari tentang virus Corona dan informasi berubah sangat cepat. Perhimpunan medis masih harus banyak belajar tentang virus Corona.

"Apakah virus Corona baru ini akan muncul kembali di masyarakat secara musiman, surut dan mengalir sepanjang tahun, atau menghilang seperti SARS pada tahun 2003 masih harus ditentukan," kata Dokter Orr. 

"Komunitas layanan kesehatan di seluruh dunia harus berperilaku seolah-olah virus akan berada di sini dalam jangka panjang dan melanjutkan upaya untuk mengembangkan vaksin dan obat anti-virus untuk mengobatinya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro