Pedagang menata jahe merah yang dijual di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu n(4/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Virus Takut dengan 5 Makanan Ini

Desyinta Nuraini
Selasa, 24 Maret 2020 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Angka pasien terinfeksi virus corona atau COVID-19 terus meningkat di Indonesia. Data terakhir menyebut, sebanyak 579 kasus pasien positif terinfeksi pandemi ini.

Jakarta menjadi kota yang penyebaran virusnya signifikan dengan 353 kasus. Hal ini tentu membuat kekhawatiran bagi para warga ibu kota.

Namun Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, Puteri Aisyaffa mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Sebab, sebenarnya secara alami tubuh sudah memiliki sistem imun yang bertugas untuk mendeteksi dan mengeliminasi pathogen seperti virus yang masuk ke dalam tubuh.

"Sistem imun ini tentunya harus didukung melalui asupan makanan sehat yang seimbang," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (24/3/2020).

Berikut rekomendasi Aisya terkait sumber makanan sehat yang dapat membangun daya tahan dan membuat virus takut untuk bersemayam di dalam tubuh :

1. Jambu

Virus Takut dengan 5 Makanan Ini

Dibandingkan dengan buah-buahan lain, jambu merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Adapun vitamin C memegang peranan penting sebagai antioksidan dan juga “booster” sistem kekebalan dalam tubuh.

Aisya menyarankan untuk mengonsumsi buah ini tanpa diproses terlebih dulu (dimakan mentah), supaya kandungan vitamin di dalamnya tetap terjaga dan tidak berkurang.

2. Kacang-kacangan dan daging

Virus Takut dengan 5 Makanan Ini

Dua macam bahan makanan ini mengandung zink yang tinggi. Seperti halnya vitamin C, zink memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem imunitas.

Kacang merah, tanah, mete dan almond juga tinggi dengan kandungan mineral ini. Sementara daging merah, ikan dan telur termasuk sumber makanan yang memiliki zink yang tinggi. Jangan lupa mengolahnya sampai matang, jangan dikonsumsi mentah atau setengah matang (supaya bakteri maupun virusnya bisa mati saat proses pemasakan).

3. Kaldu tulang

Virus Takut dengan 5 Makanan Ini

Bahan makanan ini penuh dengan kandungan L-Glutamine (asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa diperoleh dari makanan) yang bagus untuk perbaikan sel, termasuk dinding saluran usus.

Aisya mengatakan bahwa usus yang sehat sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar lebih kuat.

4. Jamur

Virus Takut dengan 5 Makanan Ini

Jamur merupakan sumber beta glucans yang tinggi. Zat ini adalah nutrisi alami yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh kita. Dia mengatakan fungsinya memastikan sel tubuh untuk siap melawan infeksi.

5. Jahe

Virus Takut dengan 5 Makanan Ini

Jahe dapat meningkatkan sistem imum melalui kandungan zink dan zat besinya. Dari beberapa penelitian, sumber makanan ini dapat merangsang respon defensif pada pernafasan atas dan mukosa atas, sehingga membantu menangkis infeksi.

Makanan sederhana ini sempat langka di pasaran ketika minuman empon-empon naik daun untuk salah satu solusi menghadapi COVID-19.

Selain melalui makanan di atas, Aisya menyarankan agar sebaiknya juga memaksimalkan asupan nutrisi harian dengan multivitamin seperti YOUVIT. Begitu pula dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro