Ilustrasi/Reuters
Relationship

Ayo, Ubah Kebiasaan Buruk untuk Cegah Penularan Covid-19

Peni Widarti
Selasa, 24 Maret 2020 - 09:57
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Di tengah situasi wabah virus corona seperti saat ini, setiap orang perlu menjaga kesehatannya dengan penuh waspada dan kehati-hatian.Bahkan, perlu mengubah kebiasaan terutama kebiasaan buruk seperti soal cuci tangan, mandi, dan kurang berolahraga.

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita berpesan agar masyarakat tetap menjaga imunitas dengan baik melalui makanan dan gizi seimbang.

"Dan jangan lupa sering cuci tangan, juga yang tak kalah penting adalah berperilaku hidup bersih," katanya beberapa waktu lalu.

Adapun untuk tetap sehat, harus istirahat yang cukup minimal 7 jam per malam, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi dan tentu saja yang matang, serta berupaya meningkatkan imunitas dengan mengkonsumsi vitamin. 

Agar tetap bersih, perlu menghindari kontak fisik seperti tidak berjabat tangan atau bahkan berpelukan saat bertemu dengan teman atau kerabat, menerapkan etika batuk dan bersin dengan baik serta tidak memegang mata, hidung dan mulut kita, dan jangan lupa untuk sering menggunakan hand sanitizer di manapun berada.

Termasuk, harus punya kebiasaan ketika baru sampai di rumah, yakni langsung mengganti baju setelah sampai di rumah, lalu segera mencuci tangan dan kaki bila perlu langsung mandi, jangan bersandar atau menyentuh pada benda apapun, serta menghindari kontak dengan anggota keluarga sebelum mandi dan mengganti baju.

Antisipasi lain untuk menghindari penyebaran wabah corona saat ini adalah kita harus sadar diri untuk tidak mendatangi tempat-tempat yang ramai dengan kerumunan orang, mengurangi berbagai pertemuan dengan orang lain jika tidak terlalu penting, tidak perlu berkunjung ke rumah sakit kecuali dalam keadaan gawat darurat, bahkan tidak perlu bepergian ke daerah yang terjangkit virus corona.

Meski diam di rumah, perlu tetap siaga dengan menyediakan produk higienis seperti sabun, alkohol, dan hand sanitizer, menyiapkan obat generik seperti paracetamol untuk demam dan jenis anthistamine untuk nyeri, mengecek suhu tubuh dan menggunakan masker bila sakit agar tidak menulari keluarga di rumah, serta membuat daftar panggilan darurat seperti di Surabaya dengan call center 112.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro