Jus bayam./Istimewa
Health

5 Sumber Makanan Vitamin E Tinggi yang Mudah Ditemukan

Syaiful Millah
Sabtu, 28 Maret 2020 - 11:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Vitamin E memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga daya tahan atau sistem kekebalan tubuh.

Dalam kondisi pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi sekarang ini, memiliki sistem kekabalan tubuh yang baik menjadi hal penting untuk mencegah tubuh terinfeksi virus.

Oleh sebab itu konsumsi makanan yang mengandung vitamin E bisa menjadi upaya positif di tengah wabah Covid-19. Ada banyak makanan yang menjadi sumber vitamin E utamanya adalah kacang-kacangan, biji-bijian dan buah.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin E tinggi yang mudah didapatkan dan bisa menjadi pilihan konsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh:

1. Biji bunga matahari

Biji bungan matahari atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan kuaci nyatanya memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Per 100 gram porsi biji bunga matahari, ada sekitar 25,17 miligram (mg) kandungan vitamin E di dalamnya.

Journal of Nutrition juga menyebutkan bahwa konsumsi seperempat mangkuk biji bunga matahari, sudah mampu mencukupi 80 persen kebutuhan vitamin E harian.

Selain vitamin tersebut, per 100 gram-nya kandungan di dalam makanan ini adalah 8,6 gram serta; 20,78 gram protein; 645 miligram potasium; 325 miligram magnesium; dan 5 miligram seng.

2. Almond

Kacang almond memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai penghalang masuknya radikal bebas dan menghindari kerusakan sel dalam tubuh.

Untuk setiap 100 gram sajian almond, ada kandungan sebesar 25,63 miligram vitamin E. Orang-orang biasanya mengonsumsi makanan ini dengan menu almond panggang atau menambahkannya ke dalam sereal.

Selain vitamine E, kandungan almond lainnya yang penting bagi tubuh adalah 21,15 gram protein; 12,5 gram serat; 733 miligram potasium; dan 270 miligram magnesium.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memilki banyak manfaat karena mengandung sedikit gula, tetapi memiliki banyak nutrisi di dalamnya.

Per 100 gram alpukat yang dikonsumsi dilaporkan memiliki kandungan 2,07 miligram vitamin E yang penting untuk imun tubuh. Selain itu, jumlah yang sama juga mengandung 10 miligram vitamin C yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi.

4. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Ini juga baik untuk mengatasi inflamasi, terutama untuk mengobati peradangan akibat kuman dan bakteri.

Adapun, per 100 gram porsi bayam mengandung 2,03 miligram vitamin E. Selain itu, ada juga kandungan lain misalnya 28,1 miligram vitamin C; 2,2 gram serat; dan 558 miligram postasium.

5. Kacang

Kacang merupakan makanan ringan atau snack yang cukup populer. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa per 100 gram porsi kacang mengandung 4,93 miligram vitamin E yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Salah satu konsumsi kacang yang dianjurkan adalah dengan memanggangnya hingga kering, bukan ditaburi garam atau perasa lainnya.

Selain vitamin E, 100 gram kacang juga memiliki kandungan gizi 24,35 gram protein; 8,4 gram serat; 634 miligram potasium; dan 14,35 miligram niasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro