Ilustrasi/Sunrainey
Health

Bolehkah Orang Sehat Konsumsi Imun Booster?

Dewi Andriani
Sabtu, 28 Maret 2020 - 14:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Merebaknya pandemic virus Corona COVID-19 menyebabkan banyak masyarakat yang mengonsumsi berbagai suplemen dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tidak hanya yang sakit, kini banyak orang sehat yang mengonsumsi supplement immune-bosting.

Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan alergi immunologi Agus Joko Susanto mengatakan sistem imun tubuh manusia sangat kompleks, dan terbagi dalam sistem imun inate dan adaptif sehingga sistem imun akan berada dalam kondisi homeostasis (seimbang) selama tubuh manusia sehat.

Namun ada saatnya tubuh tidak dapat menormalkan sistem imunnya sendiri. Pada saat itulah dibutuhkan imunomodulator yaitu zat yang dapat memodulasi (mengubah atau memengaruhi) sistem imun tubuh menjadi ke arah normal. Imunomodulator berperan menguatkan sistem imun tubuh (imunostimulator), atau menekan reaksi sistem imun berlebihan (imunosuppressan), dan mengatur sistem imun (imunoregulator).

Menurut Agus, ketiganya saling mengontrol dan saling menyeimbangkan. Apabila jumlah salah satunya rendah, maka jumlah imunomudulator lain akan naik, begitu pun sebaliknya hingga kondisi tubuh mencapai homeostasis.

“Kekhawatiran sistem imun akan over stimulasi bila diberikan imunostimulan dari luar tidak sepenuhnya benar, karena ketiga hal tersebut di atas yang akan mengatur untuk menuju homeostasis,” ujarnya, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (28/3/2020).

Agus mengatakan bahwa orang sehat boleh saja mengkonsumsi imunomodulator. Adapun kontradiksi konsumsi imunomodulator hanya terjadi pada orang dengan penyakit autoimun (Penyintas Autoimun). Pada kelompok ini, pemberian imunomodulator tidak dianjurkan.

Lebih lanjut Agus mengatakan penelitian Echinacea kontradiksi untuk kasus infeksi COVID-19 belum ada sampai saat ini. Menurutnya, terlalu dini untuk menyimpulkan hubungan antara keduanya. Dia pun memastikan tidak pernah memberikan pernyataan apapun terkait kontradiksi tersebut.

“Mengenai masalah IL-6 sebagai marker, boleh dikatakan belum tentu dipastikan sebagai marker. Karena sifat IL-6 itu unik, yaitu sitokin yang "AC-DC. Maksudnya satu waktu IL-6 bisa sebagai proinflamasi, di saat lain bisa sebagai antiinflamasi. Itulah mengapa sering terjadi ketidak sesuaian hasil penelitian satu dengan yang lainnya bila sebagai marker penelitian,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro