Cemas/hipnoterapi.com
Fashion

Kecemasan Virus Corona Meningkatkan Belanja Online

Yudi Supriyanto
Selasa, 31 Maret 2020 - 18:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kasus positif virus corona (Covid-19) terus bertambah hari demi hari. Di Indonesia, jumlah kasus positif virus yang pertama kali ditemukan di China tersebut bahkan telah mencapai lebih dari 1.000 kasus.

Pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat di dunia cemas, termasuk Indonesia. Tidak hanya itu, beberapa negara melakukan karantina dan membatasi kegiatan sosial dengan menjaga jarak fisik antara satu individu dan individu lainnya juga memberikan rasa kecemasan tersendiri.

Rasa cemas ini mempengaruhi aktivitas individu dalam melakukan pembelian atau belanja. Dilansir dari Psychologytoday.com, berikut beberapa penelitian terkait dengan kecemasan di masa pandemi ini.

Pertama, konsumen dengan tingkat stres tinggi cenderung melakukan pembelian secara impulsif. Namun, berbelanja secara impulsif juga dapat menjadi terapi ritel lantaran akan membantu individu merasa lebih baik dan mendapatkan kendali atas situasi yang terasa di luar kendali.

Studi menunjukkan bahwa ketika individu yang merasa sedih membuat pilihan untuk berbelanja, maka belanja itu mengurangi kesedihan mereka.

Kedua, kecemasan meningkatkan preferensi untuk opsi yang aman dan memberikan rasa kontrol. Ketika merasa cemas, maka secara alami individu mencari kenyamanan dan kendali atas situasi.

Dalam satu studi penelitian, peserta yang memiliki rasa cemas menyatakan lebih menyukai mobil yang penuh dengan fitur keselamatan seperti sistem anti selip dibandingkan dengan mobil mewah.

Di bawah kondisi kecemasan yang tiba-tiba dan ekstrem, penekanan pada pencarian keamanan dan penegakan kontrol ini dapat menyebabkan perilaku berbahaya seperti pembelian dan penimbunan panik.

Ketiga,  Kecemasan meningkatkan keinginan untuk berbelanja secara royal pada merek-merek mewah. Kecemasan yang terkait dengan pertanyaan tentang kematian dan kelangsungan hidup di masa juga memiliki efek paradoks pada perilaku pembelian.

Secara singkat ini mempromosikan nilai-nilai dan keputusan materialistis. Banyak orang mengandalkan pembelian dan konsumsi sebagai salah satu cara inti untuk menghasilkan makna dalam hidup dan untuk mengalami kebahagiaan, bahkan jika kebahagiaan itu tidak lama.

Individu bertindak dengan cara-caranya untuk menekan teror alami kematian ketika mengalami rasa cemas yang meningkat.

Dalam beberapa minggu terakhir, pandemi Covid-19 telah meningkatkan kecemasan dan secara dramatis mengubah perilaku belanja masyarakat. Namun, sulit untuk belanja barang-barang pilihan secara impulsif dalam keadaan banyak toko tutup dan banyak penjual online memprioritaskan penjualan dan pengiriman barang-barang penting.

Pendekatan yang efektif dalam kondisi ini adalah mengembalikan sebanyak mungkin rutinitas dan kebiasaan belanja. Ini akan sangat berguna bagi masyarakat yang merupakan konsumen bijaksana, yang rutinitasnya mendukung pembelian sedikit demi sedikit yang stabil dan konsumsi yang terukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro