Ilustrasi-Seorang petugas bandara melakukan penyemprotan disinfektan pada masker-masker yang diimpor oleh Gojek yang baru tiba di Bandara Soekarno Hatta./Dok. Istimewa-Gojek
Health

Studi Terbaru: Virus Corona Baru Bisa Menular Lewat Percakapan dan Napas

Newswire
Jumat, 3 April 2020 - 09:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika selama ini virus Corona dinilai hanya bisa menular lewat kontak dekat, studi terbari di Amerika Serikat menunjukkan hal yang berbeda.

Studi terbaru di AS menemukan bahwa virus Corona baru penyebab Covid-19 bisa menular melalui pernapasan dan kontak percakapan normal dengan penderita.

Studi itu disampaikan oleh Dr. Harvey Fineberg, ketua Komite Tetap tentang Penyakit Menular dan Ancaman Kesehatan Abad 21 di AS. Dr. Harvey Fineberg menyampaikan hal itu saat menjawab pertanyaan Anthony Fauci, anggota inti gugus tugas virus corona Gedung Putih, baru-baru ini. Demikian dilaporkan Antara, Jumat (3/4/2020).

Dalam suratnya yang dipublikasikan di laman National Academy of Sciences, tempat Fineberg menjalankan tugas akademiknya, dikatakan bahwa benar Covid-19 bisa menular dari percakapan dan embusan napas.

Berdasarkan studi tambahan, baik berdasarkan pengalaman klinis dan penelitian laboratorium, dihasilkan pemahaman lebih komplet tingkat risiko transmisi SARS-CoV-2 melalui sebaran bioaerasol via percakapan dan pernapasan (udara), kata Fineberg dalam suratnya.

"Sementara penelitian khusus [virus Corona] saat ini terbatas, hasil penelitian yang tersedia konsisten dengan aerosolisasi virus dari pernapasan normal," tambah Fineberg.

Setiap individu bervariasi dalam tingkat di mana mereka memproduksi bioaerasol melalui pernapasan normal. Ini mungkin yang memengaruhi dalam efisiensi transmisi SARS-CoV-2 oleh infeksi berbeda tapi asomptimatic individu.

Saat ini gagasan penggunaan masker secara luas sedang meniadi topik diskusi yang sangat aktif di AS, dan mungkin akan mewajibkan warga mengenakan pelindung diri itu setelah studi terbaru yang disampaikan Fineberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro