Petugas Dinas Kesehatan menunjukkan nyamuk saat melakukan kegiatan pemberantasan jentik nyamuk di kawasan kota Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (6/2/2019)./ANTARA-Anis Efizudin
Health

Waspadai DBD di Tengah Corona, Bersihkan Sarang Nyamuk di Rumah

Desyinta Nuraini
Sabtu, 4 April 2020 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah meminta masyarakat juga mewaspadai penyakit demam berdarah dengue  selain serangan virus corona atau Covid-19.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat ini Indonesia sudah masuk ke dalam musim pancaroba.

"Harus kita waspadai ancaman klasik pada musim pancaroba untuk beberapa kota adalah DBD," ujar Yuri di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

Yuri menyarankan agar masyarakat tinggal di rumah dan membersihkan sarang nyamuk ketimbang bepergian ataupun mudik.

"Tinggal di rumah, berantas sarang nyamuk, pasti kia bisa melakukan itu, dengan bersatu, semangat saling melindungi," tegasnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, hingga 15 Maret 2020, jumlah kasus DBD tercatat lebih dari 25.000 dan telah merenggut 164 jiwa.

Kasus DBD terus meningkat setiap tahunnya. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan 110.921 kasus DBD di Indonesia pada 2019, meningkat dibandingkan 2018 yang berjumlah 65.602 kasus.

Sementara itu, WHO mencatat setiap tahun 500.000 orang membutuhkan perawatan akibat terinfeksi virus Dengue. Sebanyak 20.000 orang di antaranya meninggal dunia. Amerika Latin, Asia Tenggara dan Pasifik Barat adalah area dengan tingkat penyebaran kasus DBD tertinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro