Makanan sehat/Antara
Fashion

Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Menyusun Menu Makanan

Desyinta Nuraini
Selasa, 7 April 2020 - 21:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona, maka memperhatikan menu dan pola makanan menjadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh. Dengan imunitas yang kuat, diyakini setidaknya mencegah tubuh dari infeksi virus tersebut.

Menurut ahli nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, makanan segar adalah sumber asupan gizi yang terbaik. Namun mengingat adanya penerapan social distancing sehingga tidak orang jadi tidak bisa bebas pergi ke pasar atau supermarket membeli bahan pangan yang segar, maka makanan beku, siap saji dan kaleng bisa menjadi opsi.

"Yang penting adalah kita teliti dalam melihat sumber makanan tersebut," kata Matthew dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (7/4/2020).

Setidaknya, ada 5 hal yang perlu diingat dalam menyusun menu makanan sehari-hari yang dirangkum oleh Dr. Matthew Lantz Blaylock sebagai ABCDE :

1. Adequacy (kecukupan)

Usahakan menu makanan mengandung cukup nutrisi penting untuk menjaga diet yang sehat. Jangan lupa bahwa gaya hidup sehat terdiri dari 70 persen asupan gizi dan 30 persen olahraga.

2. Balance (keseimbangan)

Terapkan pola makan yang seimbang dengan rekomendasi konsumsi 40-60 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak, dan 15-20 persen protein.

3. Calorie control (mengontrol kalori)

Jaga jumlah kalori dalam menu makanan. Kurangi makanan yang minim nutrisi dan mengandung kalori berlebih.

4. Density of nutrition (kepadatan nutrisi)

Prioritaskan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan jauhi makanan yang kurang sehat.

5. A bit of Everything (segalanya sedikit)

Usahakan variasi dalam menu makanan sehari-hari.

Selain itu Matthew menyarankan agar cermat dalam memilih produk susu. Salah satu makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi setiap hari adalah susu. Matthew mengatakan makanan segar adalah sumber asupan gizi yang terbaik, termasuk susu dan produk olahan susu (dairy products).

Jika memungkinkan, sebaiknya konsumsi susu segar. Namun, jika kurang memungkinkan dan ingin memilih susu UHT misalnya, telitilah kandungan susu UHT tersebut dan yakinkan bahwa terbuat dari susu segar hasil pasteurisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro