Ilustrasi/Thegloss
Health

Olahraga Teratur Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 19 April 2020 - 07:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan infeksi.

Pasalnya, olahraga memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh bekerja secara efektif dan meningkatkan aliran darah, mengurangi stres dan peradangan, dan dapat memperkuat antibodi. Sehingga, olahraga sangat dibutuhkan selama masa pandemi.

Ada banyak teori tentang bagaimana olahraga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kemungkinan ini terjadi dalam beberapa cara berbeda. Inilah yang perlu Anda ketahui, dan bagaimana Anda dapat berolahraga dengan aman selama pandemi coronavirus.

Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan aliran darah, membantu membersihkan bakteri dari saluran pernapasan Anda, menyebabkan peningkatan suhu tubuh yang mungkin melindungi, memperkuat antibodi untuk membantu melawan infeksi, dan mengurangi hormon stres.

Olahraga juga menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh menjadi lebih efektif, kata Farshad Fani Marvasti, MD, direktur kesehatan masyarakat di Fakultas Kedokteran Universitas Arizona.

Menurutnya, olahraga teratur mengurangi peradangan, memungkinkan sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Sementara peradangan akut sebagai respons terhadap cedera adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang sehat, peradangan kronis dapat memperlambat sistem kekebalan tubuh.

"Olahraga teratur meningkatkan respons kekebalan dan meningkatkan penanda kekebalan," kata Joshua Scott, MD, dokter kedokteran olahraga perawatan primer di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles.

Misalnya, penanda yang ditingkatkan ini termasuk Interleukin 6, protein yang membantu tubuh merespons cedera.

Sebuah tinjauan ilmiah tahun 2019 menemukan bahwa olahraga dengan intensitas sedang dikaitkan dengan tingkat infeksi saluran pernapasan atas yang lebih rendah, yang mencakup virus seperti flu.

Sebagai contoh, sebuah studi 2018 pada 1.413 orang di China menemukan bahwa mereka yang  berolahraga setidaknya tiga kali seminggu mengurangi kemungkinan terkena flu sebesar 26%. Studi 2018 lain dari 390 orang menemukan bahwa mereka yang dilatih dengan rejimen olahraga sedang selama delapan minggu mengurangi risiko penyakit pernapasan akut sebesar 14%, dan jumlah hari sakit mereka sebesar 23%, dibandingkan dengan orang yang tidak olahraga.

Cara berolahraga dengan aman selama pandemi coronavirus

Menurut pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang dewasa yang sehat harus mendapatkan setidaknya 150 menit olahraga ringan setiap minggu - yang dapat mencakup kegiatan seperti berjalan kaki, yoga, atau berkebun.

Tetapi bahkan sedikit olahraga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. "Sedikit saja 10 menit berjalan sehari atau 1.000 langkah dapat memiliki dampak besar," kata Marvasti.

Berolahraga selama pandemi dapat menjadi rumit dengan anjuran tetap di rumah di tempat dan gym tertutup. Dan Scott mengatakan bahwa yang paling penting adalah Anda mengikuti pedoman sosial yang jauh - olahraga dapat membantu membangun kekebalan dan respons Anda, tetapi itu tidak akan sepenuhnya mencegah Anda dari sakit jika Anda terkena kuman secara langsung.

Scott juga menekankan bahwa ada banyak olahraga yang layak yang dapat Anda lakukan di dalam seperti yoga.

Ingat saja, jika Anda berolahraga di luar, pastikan untuk nenhaga jarak setidaknya enam kaki antara Anda dan orang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Insider
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro