Komponis Erwin Gutawa beraksi pada acara Jakarta International Java Jazz Festival 2020 di Jakarta, Jumat (28/2/2020)./ ANTARA - Muhammad Adimaja
Entertainment

Galang Dana, Erwin Gutawa Gelar Konser Orkestra di Rumah

Nirmala Aninda
Minggu, 19 April 2020 - 21:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musisi Erwin Gutawa mengumpulkan 50 musisi lainnya untuk mengadakan konser virtual yang bertajuk "Orkestra di Rumah", pada hari Minggu (19/4/2020).

Meskipun sempat mengalami hambatan teknis, konser virtual ini akhirnya dapat berjalan lancar.

Konser ini merupakan tayangan live streaming eksklusif yang bertujuan untuk menggalang dana bagi tim medis dan masyarakat yang terdampak Covid-19.

Dalam konser virtual tersebut, Erwin Gutawa berkolaborasi dengan Tulus dan diiringi oleh para musisi untuk membawakan berbagai lagu yang diaransemen khusus.

"Seperti layaknya orkestra, bersama-sama kita bersinergi memainkan harmoni keindahan Indonesia. Selamat menonton dan berdonasi, Indonesia pasti bisa," ujar Erwin dalam video.

Ini juga merupakan pertama kalinya Erwin menggarap sebuah konser orkestra secara virtual yang direkam dari rumah masing-masing.

Untuk lagu pertama, Tulus membawakan lagu "Sepatu" yang berasal dari album keduanya bertajuk Gajah (2014). Kemudian dilanjutkan dengan lagu dari album Monokrom (2016) berjudul "Cahaya" yang diiringi oleh musik orkestra.

"Lagu berikutnya di ambil dari album ketiga saya. Semoga bisa menjadikan hati teman-teman yang mendengarkan menjadi lebih tenang," tuturnya.

Selama sekitar 40 menit, konser virtual ini juga secara spesial membawakan beberapa lagu dari penyanyi seperti Glenn Fredly dan Chrisye.

Lagu berjudul "Kasih Putih" khusus dibawakan dengan iringan orkestra yang syahdu untuk mengenang sosok mendiang Glenn Fredly yang sangat lekat pengaruhnya terhadap industri musik Indonesia.

"Menurut saya glenn bukan sekadar musisi yang enak bernyanyi atau jago main musik, tapi dia adalah sosok yang aktif menyuarakan isu-isu penting di industri seni, kemanusiaan, dan persoalan kebangsaan Indonesia," kata Erwin.

Ada pula dua lagu dari Chrisye yang dibawakan dalam konser virtual ini, yakni "Damai Bersamamu" serta "Setia".

Iringan orkestra dan nyanyian lagu Tulus berjudul "Manusia Kuat" menutup rangkaian konser virtual malam ini.

Lagu tersebut dibawakan dengan pesan spesial untuk para pejuang di garda terdepan, di tengah upaya mereka untuk memerangi pandemi virus corona.

Selama lagu dimainkan, ternyata sudah disiapkan kolase foto yang didapatkan dari para petugas medis beserta pesan-pesan dari pengirimnya.

"Lagu ini akan kita dedikasikan kepada para orang-orang hebat di garis terdepan seperti dokter, perawat, tim medis lain serta para relawan," ujar Erwin.

Untuk menyaksikan konser ini, penonton dapat membeli tiket dengan kisaran harga Rp50.000-Rp2.000.0000 yang ditukar dengan e-voucher beserta tautan untuk mengakses siaran konser yang ditayangkan melalui Loket Live.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro