Ilustrasi puasa/Reuters
Health

Tips Sahur dan Buka Puasa Untuk Membangun Imunitas

Desyinta Nuraini
Sabtu, 25 April 2020 - 13:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Ramadan selama 30 hari diyakini justru bisa memperbaiki sistem imunitas tubuh. Namun, hal tersebut berlaku jika sahur dan buka puasa dilakukan dengan benar.

"Kalau asupannya terlalu kurang atau terlalu berlebihan sampai BB (berat badan) naik, tujuan meningkatkan sistem imun dengan puasa juga tidak tercapai," ujar spesialis gizi klinis, dr. Arti Indira yang melakukan siaran langsung di akun Instagram Tompi, kemarin.

Dia menjelaskan sahur adalah bahan bakar untuk berpuasa. Makanannya harus lengkap. Mulai dari karbohidrat kompleks, protein, lemak yang baik, vitamin dari sayur dan buah.

Untuk porsinya, kalau bisa sayur harus setengah piring makan. Setengahnya lagi dibagi dua antara sumber karbohidrat dan protein. pilih karbohidrat kompleks. Sumber protein katanya berfungsi membantu membentuk sistem imun.

"Apalagi di masa Covid-19 seperti ini, juga bisa bikin kenyang lagi lama. Protein kan zat pembangun tubuh kita. Protein nabati dan hewani secukupnya," jelasnya.

Tak lupa, kebutuhan air juga harus tercukupi. Saat sahur, kata Indira cukup minum 2-4 gelas. "Nanti sisanya untuk mencapai 8 gelas sehari setelah berbuka puasa, setelah salat Maghrib, setelah Isya dan mau tidur malam," tuturnya.

Saat berbuka juga dilarang untuk berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan harus menyesuaikan kapasitas lambung. Dia menjelaskan kebutuhan kalori adalah 100 persen setiap hari.

Saat berbuka, cukupi sekitar 10 persen saja. Sebab 40 persen sudah dipenuhi saat sahur. Setelah salat Magrib, baru lah makan dengan porsi berat sebesar 40 persen kalori. "Sisanya 10 persen lagi untuk snack malam sebelum tidur," jelasnya.

Ya, Indira menganjurkan bahwa makan yang ideal saat berbuka adalah setelah salat Magrib sebelum melaksanakan Tarawih. Dengan begitu ada jangka waktu makanan dicerna sebelum tidur.

"Jadi makanan masuk ke lambung kan perlu waktu sekitar 2-3 jam. Jadi jaraknya antara 2-3 jam sebelum tidur," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro