Ilustrasi/Husin Parapat
Fashion

Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Puasa?

Muhammad Khadafi
Sabtu, 25 April 2020 - 10:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti diketahui bersama, berpuasa di bulan Ramadan bagi umat Islam adalah sebuah kewajiban. Hal ini diatur di dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183, di mana disebutkan bahwa diwajibkan bagi umat Islam berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat sebelumnya agar mencapai ketakwaan.

Puasa yang merupakan Rukun Islam ketiga adalah kegiatan mengendalikan hawa nafsu dan berserah diri kepada Allah. Puasa menjadi wajib bagi setiap umat yang telah mencapai masa pubertas dan tidak dalam kondisi berpergian jauh.

Berpuasa di bulan Ramadan memiliki sejumlah aturan. Namun sayangnya banyak masyarakat yang belum sepenuhnya mengetahui apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berpuasa Ramadan. Bisnis merangkum sejumlah aturan penting agar mendapatkan pahala puasa yang utuh:

1. Sahur dan niat

Sahur dan niat adalah kegiatan untuk mengawali puasa. Niat wajib hukumnya bagi yang hendak berpuasa, tetapi sahur adalah anjuran.

Seperti diketahui, sahur berfungsi memberikan tubuh asupan makanan agar kuat menahan diri untuk tidak makan dan minum hingga Maghrib. Namun, bila terlewat dalam sebuah riwayat tidak dipermasalahkan selama tidak menzalimi diri sendiri.

2. Jangan menunda waktu berbuka

Berbuka puasa setelah mendengar adzan Maghrib menurut wilayah masing-masing atau segera setelah matahari terbenam. Dalam sebuah riwayat hadist, nabi Muhammad SAW menyerukan umatnya untuk segera berbuka bila telah waktunya.

3. Tidak sengaja makan dan minum

Bagi orang yang berpuasa, makan dan minum secara tidak sengaja tidak membatalkan puasa. Namun, makan dan minum secara sengaja atau pura-pura melakukan dengan tidak sengaja, tentu membatalkan puasa.

4. Muntah

Banyak yang mengatakan bahwa muntah membatalkan puasa. Hal ini benar, tetapi muntah yang dilakukan dengan tidak sengaja, tidak membatalkan puasa.

5. Mandi di siang hari.

Mandi pada siang hari bukan merupakan pantangan. Setiap orang yang berpuasa diizinkan untuk melakukan hal ini.

6. Berhubungan seksual

Hubungan seksual suami istri menjadi haram saat sedang menjalani puasa. Puasa yang batal akibat hubungan seksual suami istri, wajib diganti dengan 6 hari berpuasa di waktu selain Ramadhan. Apabila tidak mampu, masing-masing yang melanggar harus memberi makan 60 orang miskin.

7. Menstruasi, ibu hamil, dan melahirkan

Perempuan dalam periode menstruasi bebas dari kewajiban berpuasa Ramadhan. Bahkan bila, darah pertama mulai keluar saat sebelum berbuka, maka puasa hari itu tidak sah.

Setiap puasa yang batal atau tidak dapat dilaksanakan karena mestruasi, wajib diganti di waktu selain Ramadhan dengan jumlah hari yang sama. Hal ini berlaku pula bagi ibu hamil dan juga melahirkan.

8. Mencicipi makanan

Mencicipi makanan saat menyiapkan sajian berbuka tidak membatalkan puasa. Namun hal ini harus dipastikan bahwa makanan tersebut hanya terasa di lidah, bukan dicerna oleh tubuh.

9. Mencium dan merangkul pasangan suami atau istri

Kendati hubungan seksual haram selama berpuasa, mencium dan merangkul pasangan bagi suami atau istri tidak otomatis membatalkan puasa. Namun perlu diingat dua kegiatan tersebut boleh dilakukan selama tidak dengan nafsu seksual.

10. Suntik

Suntikan dengan tujuan medis tidak membatalkan puasa. Seseorang yang menyatakan masih mampu berpuasa dalam kondisinya, dapat melanjutkan puasanya.

11. Mengambil darah

Pengambilan Darah dapat untuk diagnostik tidak membatalkan puasa. Namun, bila darah yang diambil cukup banyak dan membuat lemas, maka boleh membatalkan puasa.

12. Lupa mandi wajib

Bila seseorang lupa melakukan mandi wajib usai hubungan seksual, maka dia dalam keadaan tidak suci. Mandi wajib boleh dilakukan setelah selesai makan sahur atau pagi hari bila terlewat waktu sahur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro