Ilustrasi berjemur matahari/istimewa
Health

Ini Waktu yang Tepat Untuk Berjemur di Bawah Matahari

Newswire
Rabu, 29 April 2020 - 23:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berjemur sinar matahari menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh di tengah pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Namun, saat ini banyak pendapat tentang waktu yang paling tepat untuk berjemur sehingga membingungkan masyarakat. Dokter spesialis kulit Stefani Rachel Soraya Djuanda menyarankan berjemur di pagi hari, sebaiknya di rentang waktu sekitar pukul 9 pagi.

Tak perlu berlama-lama, awalnya cukup selama 5 menit, kemudian dinaikkan bertahap hingga maksimal 15 menit sebanyak 2-3 kali seminggu. Stefani mengatakan, pukul 9 merupakan waktu yang tepat untuk merangsang pembentukan vitamin D alami dari dalam tubuh kita.

“Vitamin D inilah yang sebenarnya menjadi rahasia tubuh meningkatkan sistem imun atau  kekebalan tubuh sehingga terhindar dari infeksi, termasuk dari virus Covid-19,” kata dia dalam keterangan pers Heliocare, Rabu  (29/4/2020).

Selama berjemur, Stefani menyarankan selalu mengaplikasikan tabir surya serta menggunakan topi serta kacamata.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia atau Perdoski serta Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan menghindari paparan sinar matahari antara pukul 10.00 -14.00, terutama di Indonesia yang termasuk wilayah ekstrem untuk paparan radiasi UV A dan UV B. Menurut Perdoski, di rentang ini justru berisiko menurunkan imunitas.

“Radiasi penyinaran inilah yang dapat mengakibatkan gangguan pada kulit seperti penuaan dini, melasma atau bahkan kanker kulit,” kata dokter lulusan Universitas Indonesia ini.

Dia mengatakan paparan radiasi sinar UV tidak hanya ada di luar ruangan. Saat berada di rumah pun risiko paparan masuk sebesar 20 persen menurut data WHO. Itu belum termasuk gawai (ponsel), kompor gas, lampu , dan laptop yang memaparkan visible light.

Visible light menyebabkan gangguan kulit bahkan memicu penuan dini seperti timbulnya keriput. Itu sebabnya, ia menyarankan selalu menggunakan tabir surya meskipun saat ini sedang bekerja dari rumah atau WFH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro