Ilustrasi depresi/Reuters-Brendan McDermid
Health

Covid-19 Bikin Stres? Ini Layanan Swaperiksa Psikologis Daring

Rio Sandy Pradana
Jumat, 1 Mei 2020 - 12:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia memberikan layanan swaperiksa masalah psikologis ataupun mental secara daring bagi masyarakat selama pandemi Covid-19.

Perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia dr. Lahargo Kembaren, Sp.KJ mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan mental, tidak hanya fisik, saat pandemi Covid-19.

"Kami memberikan layanan swaperiksa masalah psikologis secara online. Langkah tersebut dapat diakses masyarakat dengan mengakses laman www.pdskji.org." kata Lahargo dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jumat (1/5/2020).

Dia menyampaikan hingga saat ini sudah sekitar 1.522 pengakses memanfaatkan layanan tersebut. Tiga masalah psikologis yang ditemui yakni kondisi cemas, depresi dan trauma psikologis. Dari jumlah pengakses layanan menunjukkan 63 persen dari mereka mengalami kecemasan dan 66 persen depresi. 

Pihaknya juga berpesan terhadap kesehatan jiwa anak dan remaja di lingkup keluarga. Lahargo menyarankan kelompok umur ini untuk selalu terhubung dengan teman maupun saudara. 

“Ciptakan suasan aman dan ajak mereka untuk melakukan aktivitas yang produktif,” ujarnya. 

Menurutnya, apabila merasakan stres atau perasaan yang tidak nyaman segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa, seperti psikiater, psikolog, konselor dan lainnya untuk mendapatkan pertolongan cepat dan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro