Ilustrasi anak/Reuters
Health

Buku Cerita Kamu Pahlawanku, Bantu Anak Pahami Pandemi Virus Corona

Setyo Aji Harjanto
Minggu, 3 Mei 2020 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memberikan informasi kepada anak bahwa virus Corona berbahaya bagi kesehatan tidaklah mudah. Apalagi, mengajak untuk bertahan tinggal di dalam rumah untuk waktu yang lama.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan anak-anak mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

Anak-anak yang biasanya dapat bermain bebas dan beraktivitas di luar rumah, kini harus bersabar dan berdiam diri di rumah saja demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Dia melanjutkan mungkin sudah ada sebagian besar yang menyesuaikan diri terkait dengan kondisi ini. Namun, tidak sedikit juga anak-anak yang belum bisa menyesuaikan diri.

Atas dasar itu menurut dia buku berjudul Kamu Pahlawanku versi Bahasa Indonesia bisa menjadi salah satu solusi agar anak dapat menyesuaikan diri.

“Mudah-mudahan dengan diluncurkannya buku Kamu Pahlawanku bisa jadi solusi dalam membantu anak-anak dan memberikan pemahaman terkait situasi dalam masa pandemi ini,” kata Bintang melalui video konferensi, Minggu (3/5/2020).

Adapun buku Kamu Pahlawanku dikembangkan oleh kelompok ahli Komite Antarlembaga dan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial yang difasilitasi dana anak PBB. Cerita itu pun dibuat dari jajak pendapat kepada 1.700 anak, orang tua, guru, dan pengasuh tentang pandemi Covid-19.

“Buku ini bisa menjadi bahan bacaan bersama. Harapan saya seluruh anak Indonesia bisa menikmati buku ini dari sabang sampai Merauke dan mengambil pesan-pesan yang ada di buku ini,” kata Bintang.

Di sisi lain, pendongeng M Ariyo F. Zidni menilai cerita dapat memudahkan seseorang untuk memahami sesuatu. Apalagi dia yakin banyak anak yang bingung dengan Covid-19, untuk itu buku Kamu Pahlawanku ini bisa membantu mereka memahami hal tersebut.

"Banyak hal yang bisa lebih mudah dimengerti lewat cerita, saya senang sekali dilibatkan dalam pengembangan buku ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro