Ilustrasi/Husin Parapat
Health

Berapa Lama Waktu Ideal Olahraga saat Puasa?

Desyinta Nuraini
Senin, 4 Mei 2020 - 12:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolahraga harus dilakukan secara rutin, walaupun sedang berpuasa.

Dokter Spesialis Olagraga Michael Triangto SpKO menjelaskan pada dasarkan olahraga ditujukan untuk kesehatan dan kebugaran yang berujung pada peningkatan daya tahan tubuh atau imunitas. Oleh karena itu, berolahraga tetap dianjurkan selama Ramadhan.

Namun dia menyarankan agar olahraga tersebut dilakukan dalam intensitas ringan sampai sedang. Pada saat tubuh berpuasa tentunya risiko mengalami dehidrasi menjadi lebih besar dan olahraga yang berat justru berbahaya bagi tubuh karena akan menambah dehidrasi yang sudah ada.

Demikian juga kadar gula darah akan drop. Imunitas tubuh pun akan terganggu jika kita melakukan olahraga yang berintensitas berat. "Itu sebabnya olahraga yang dianjurkan pada saat bulan puasa harus ringan sampai sedang karena tujuannya untuk kesehatan," jelasnya beberapa waktu lalu.

Lantas berapa lama waktu berolahraga saat puasa? Michael menerangkan olahraga saat berpuasa harus dilakukan rutin 3-5 kali dalam seminggu, dengan frekuensi waktu 150 menit. Artinya, 30 menit saja jika dilakukan 5 kali dalam seminggu.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan menurutnya aerobik saja sudah cukup. Aerobik merupakan olahraga yang mempunyai ciri khas intensitas ringan dan gerakannya berulang-ulang dengan durasi waktu yang panjang. Misalnya jalan mengelilingi rumah, besepeda statis atau mengelilingi kompleks, berenang, atau mengelilingi kolam renang.

Michael menambahkan Waku yang tepat untuk berolahraga saat Ramadhan yakni sebelum berbuka puasa. Sebab apabila dilakukan setelah berbuka puasa, akan menimbulkan mual hingga muntah karena lambung baru terisi makanan.

Lagi pula jika dilakukan pada malam hari, akan menganggu waktu tidur karena tubuh masih aktif pasca berolahraga dan memicu untuk makan. Sementara jarak waktu makan yakni 1-2 jam sebelum tidur karena saat tidur, tubuh akan beristirahat untuk memproses makanan yang dimakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro