Seniman Didi Kempot (tengah) bersama Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko (kiri)./Istimewa
Entertainment

BNN Berduka atas Kepergian Didi Kempot, Duta Relawan Antinarkoba

Hendri Tri Widi Asworo
Selasa, 5 Mei 2020 - 23:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkapkan duka mendalam atas meninggalnya seniman Didi Kempot yang juga merupakan Duta Relawan Antinarkoba.

Penyanyi campursari tersohor ini, yang berpulang ke pangkuan Allah SWT pada Selasa (5/5/2020), diangkat menjadi Duta Relawan Antinarkoba di Kantor Pusat BNN Jakarta pada 14 Februari 2020.

Duka mendalam BNN terhadap almarhum diungkapkan Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko melalui video yang diterima redaksi.

Heru menyebutkan bahwa Didi Kempot sebagai teladan dan contoh bahwa berkesenian tidak perlu menggunakan narkoba. Heru berharap perjuangan Didi Kempot dalam dunia seni dan pencegahan narkoba diikuti oleh seniman lain dan seluruh Sobat Ambyar, sebutan untuk para penggemarnya.

“Innalillahi wainnaillaihi rojiun. Saya, Heru Winarko, Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, turut berduka cita atas meninggalnya duta antinarkoba BNN RI, Didi Prasetyo atau yang dikenal Didi Kempot,” ujar Heru dalam video tersebut.

Selain dikenal sebagai seniman, Didi Kempot juga duta antinarkoba BNN yang luar biasa dan menjadi contoh serta teladan.

“Insyaallah, amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Aamiin,” kata Kepala BNN.

Pada awal tayangan video, almarhum Didi Kempot memberikan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya para penggemarnya, untuk menjauhi narkoba. Menurut Didi, menjadi sukses bisa dilakukan tanpa narkoba.

“Pesan-pesan saya, untuk menjadi sukses, berkarya tanpa narkoba, kelihatannya lebih istimewa. Prestasi yes, narkoba no, emoh, ambyar!” kata Didi Kempot, yang meninggal dunia pada usia 53 tahun.

Pada pertengahan Februari 2020, Didi Kempot dan rombongan menjadi tamu BNN di kantor pusatnya di Jakarta sebagai respons berita viral di media.

Oleh banyak media, diberitakan; “Kepala BNN Menunggu Didi Kempot”. Telisik punya telisik, almarhum ditunggu oleh Kepala BNN karena trofi penghargaan untuk Didi Kempot dibawa oleh Heru Winarko.

Tropi yang bertemakan “Terima Kasihku Kepadamu” itu dianugerahkan Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) kepada Didi Kempot dalam acara Buka Tahun Baru Bersama PWKI 2020  di Gedung Dwi Warna, Lemhannas, Jln. Kebon Sirih, Jakarta pada Jumat (17/01/2020). Oleh PWKI, Didi dinilai pantas mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pemersatu bangsa melalui lagu-lagunya yang para penikmatnya berbagai ragam dan tidak mengenal suku, agama, ataupun generasi.

Namun karena Didi Kempot berhalangan hadir, panitia penyelenggara dari PWKI meminta Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko, yang pada saat itu hadir dalam acara, dapat mewakili Didi Kempot. Sebagai tindak lanjut, Didi Kempot kemudia berkontak dengan Heru Winarko untuk mencari waktu yang tepat untuk berkunjung mengambil tropi penghargaan.

Kehadiran Didi Kempot dan rombongan di Kantor Pusat BNN, Jakarta membuat heboh seluruh pegawai. Tak segan-segan Didi Kempot dan rombongan kemudian menghibur seluruh pegawai BNN yang memenuhi lantai dasar gedung. 

Seperti diketahui, Didi Kempot wafat di RS Kasih Ibu, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa pada pukul 07.45 WIB. Didi dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu campursari. Tema lagu yang dibawakannya seputar cinta dan patah hati, sehingga dia dijuluki sebagai “The Godfather of Broken Heart”.

Setiap kali menggelar pertunjukan musik, Didi selalu menyampaikan pesan-pesan positif kepada para penggemarnya, yang jumlahnya puluhan juta orang. Oleh karena itu, pada 14 Februari 2020, BNN menjadikan Didi sebagai duta antinarkoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro