PSBB bisa bikin kulit jadi kering/Istimewa
Health

Pembatasan Sosial Bikin Kulit Jadi Kering

Desyinta Nuraini
Rabu, 13 Mei 2020 - 10:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak sedikit wanita yang malas mengurus tubuhnya saat masa pembatasan sosial. Alasannya, karena mereka hanya berdiam diri di rumah.

Namun apakah hal tersebut berpengaruh terhadap kulit? Apakah kulit menjadi kering jika tidak dirawat?

Dokter spesialis kulit dari Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Arini Astasari Widodo mengatakan kondisi kulit setiap individu berbeda-beda. Selama masa di rumah saja, aktivitas seseorang pun berbeda-beda.

Jika orang tersebut melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan keringat seperti membersihkan rumah, memasak, mencuci, hingga berolahraga, tentu kulit mereka akan tetap lembab. Hal ini lantaran minyak dan keringat yang terbentuk saat melakukan aktivitas fisik merupakan pelembap alami bagi kulit.

"Apabila berada di rumah dengan AC terus menyala, dan aktivitas fisik yang rendah (misalnya zoom meeting, main game, nonton drama korea/netflix), tentunya kulit cenderung menjadi kering karena minyak dan keringat yang dihasilkan berkurang," ujarnya dalam sebuah diskusi online.

Dia menerangkan, pelembab sangat membantu untuk menjaga kulit agar tidak kering. Perlu diingat bahwa air dan minyak merupakan faktor yang penting untuk menjaga kelembaban kulit. Oleh karena itu selain beraktifitas, konsumsi cairan atau air juga sangat penting untuk menghidrasi kulit.

Arini menambahkan bukan berarti mereka yang tetap memakai perawatan kulit akan terasa lebih lembab. Para wanita perlu memperhatikan skincare yang dipakai saat berdiam diri di rumah saja.

Biasanya, skincare yang dipakai ditujukan untuk mengurangi minyak saat melakukan aktivitas di luar rumah. Kulit akan menjadi lebih kering jika memakai rangkaian perawatan tersebut, ditambah lagi jika kondisi rumah memakai AC.

Sebaliknya, jika aktivitas banyak berkeringat, jangan memakai pelembab berlebihan di daerah yang lembab dan banyak keringat seperti punggung, dan lipatan payudara.

"Kelembaban tinggi dapat memicu jamur candida atau fungal acne pada punggung. Pakailah pelembab pada daerah yang kering seperti lengan dan tungkai," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro