Konsumen memilih barang kebutuhan di salah satu gerai supermarket Giant di Jakarta, Minggu (23/6/2019)./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya
Relationship

Supaya Tak Tertipu, Ini Tips Belanja Sayur Secara Online

Newswire
Kamis, 14 Mei 2020 - 08:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belanja melalui layanan daring atau online menjadi aktivitas yang dilakukan kebanyakan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan pembatasan beraktivitas.

Masyarakat dapat melengkapi kebutuhan dapurnya dengan mudah, seperti membeli aneka sayuran secara online. Jika sebelumnya perlu meluangkan waktu di pagi hari untuk berbelanja aneka sayuran dan bumbu dapur lainnya, kini hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi, karena berbagai macam sayuran kini tersedia di beragam situs online.

Meski demikian, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan sebelum membeli sayuran secara online agar terhindar dari penipuan dan mendapatkan barang yang segar, seperti dikutip dari siaran resmi Blibli yang dirangkum dari berbagai sumber.

Buat daftar belanja

Kemudahan yang ditawarkan dalam mencari sayur secara online tentu akan membuat aktivitas berbelanja lebih cepat dan praktis.

Meski demikian, bukan berarti bisa memilih sayuran secara asal-asalan hanya karena dapat menemukan berbagai macam jenis sayuran. Membeli sayuran dalam jumlah yang banyak tanpa pertimbangan matang, hanya akan membuat sayuran tersebut nantinya mubazir.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan terlebih dahulu membuat daftar belanjaan. Hal ini juga akan membuat pencarian barang jauh lebih cepat.

Pilih toko terpercaya

Berpikir secara bijak sebelum memilih toko online yang tepat. Pastikan toko atau merchant penyedia sayur yang dipilih merupakan toko yang aman dan terpercaya.

Untuk mengetahui hal itu dapat dilihat dari reputasi yang ada. Bagus tidaknya reputasi sebuah toko atau merchant sayur online bisa dilihat dari komentar para konsumen yang sebelumnya telah berbelanja di toko online tersebut.

Perhatikan komentar konsumen lainnya mengenai tingkat keamanan pengiriman, respon penjual, hingga tingkat kesegaran sayur yang dibeli. Apabila menemukan banyak komentar atau review yang kurang baik, bisa dipastikan bahwa toko tersebut tidaklah terpercaya.

Berbelanja online tentu identik dengan layanan ekspedisi atau jasa pengiriman barang ke alamat pemesan. Memilih ekspedisi menjadi hal yang susah-susah gampang.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik saat akan memilih sebuah ekspedisi seperti jangkauan ekspedisi, paket pengiriman barang yang ditawarkan, serta lama dari pengiriman barang.

Saat membeli sayuran secara online, sebaiknya pilih ekspedisi yang dapat menjangkau alamat rumah. Memilih ekspedisi yang kesulitan dalam menjangkau rumah hanya akan membuat sayuran tiba dalam jangka waktu yang lama.

Hal itu tentu merepotkan, terlebih apabila sayuran yang dibeli tidak tahan lama jika disimpan dalam suhu ruangan.

Selain memperhatikan mengenai jangkauan area dari setiap ekspedisi, juga perlu memperhatikan dengan seksama setiap jenis paket pengantaran yang berlaku. Beberapa toko online menyediakan layanan pengiriman sayuran dengan paket "same day".

Cari tahu tingkat ketahanan sayuran

Hal terpenting lainnya yang perlu diketahui sebelum berbelanja sayuran secara online yakni mengenai tingkat ketahanan sayuran yang akan dibeli. Apakah sayuran tersebut memiliki ketahanan yang baik atau tidak.

Pasalnya, setiap jenis sayuran tentu memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda, ada yang lama hingga bulanan ada juga yang hanya bisa bertahan dalam hitungan hari saja.

Mengetahui tingkat ketahanan sayuran ini juga ada sangkut pautnya dengan lamanya pengiriman sayuran ke alamat rumah. Apabila sayuran tersebut memiliki tingkat ketahanan yang kurang baik pada suhu ruangan, sebaiknya hanya membelinya jika dilengkapi dengan paket pengantaran "same day".


Saat sayuran yang dipesan secara online tiba di rumah, hal pertama yang perlu diakukan yakni langsung menyimpan sayuran tersebut dengan baik.

Menyimpan sayuran di tempat yang tepat tentu akan membuat sayuran tersebut tetap awet dan tahan lama. Membiarkan setiap sayuran menumpuk di dalam kantong belanjaan tanpa disimpan hanya akan membuatnya mudah busuk.

Selain itu, saat menyimpan sayuran, sebaiknya tidak dalam satu tempat yang sama. Pasalnya, setiap jenis sayuran memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda.

Ada sayuran yang awet jika disimpan di dalam kulkas, ada juga sayuran yang sebaiknya hanya disimpan di dalam suhu ruangan saja.

Perhatikan promo

Berbelanja online tentu identik dengan adanya berbagai macam promo menarik yang ditawarkan kepada pembeli. Aneka promo tersebut tentu bisa membuat berbelanja aneka sayuran dengan harga yang lebih murah.

Untuk itu, sebisa mungkin untuk mencari tahu terlebih dahulu aneka promo yang ditawarkan oleh toko online. Akan sangat disayangkan apabila melewatkan adanya promo.

Biasanya promo ditawarkan bervariasi, mulai dari promo cashback, potongan harga, hingga gratis ongkos kirim. Tidak melewatkan adanya promo akan membuat aktivitas belanja sayur secara online lebih praktis, cepat, dan menguntungkan.

Jangan lupa untuk juga mengingat tanggal dan masa berlaku promo tersebut.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro