Ilustrasi/Msutoday
Health

Benarkah Mencuci Tangan 6-10 Kali Sehari Dapat Menurunkan Risiko Tertular Covid-19?

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 21 Mei 2020 - 10:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mencuci tangan adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19).

Penelitian baru ini menunjukkan bahwa mencuci tangan sebanyak enam hingga 10 kali per hari secara langsung dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena virus. Penelitian ini mengatakan bahwa mencuci tangan secara teratur dapat mengurangi risiko pribadi terkena infeksi hingga sepertiga.

Mencuci tangan dengan frekuensi sering sedang dikaitkan dengan penurunan 36% dalam risiko infeksi virus corona dibandingkan dengan mereka yang jarang mencuci tangan dalam rentang nol hingga lima kali sehari.

Menurut penelitian yang didanai oleh Dewan Penelitian Medis dan Wellcome Trust itu, mengingat bahwa Covid-19 tampaknya menunjukkan mekanisme transmisi yang mirip dengan virus corona musiman, temuan ini mendukung pesan kesehatan masyarakat yang jelas yakni efek perlindungan mencuci tangan selama pandemi.

"Penting untuk digaris bawahi bahwa frekuensi mencuci tangan hanya satu aspek dari kebersihan tangan. Menjaga kebersihan tangan yang baik harus dilakukan setiap saat terlepas dari apakah Anda menunjukkan gejala atau tidak. Ini akan membantu melindungi diri Anda sendiri dan mencegah penyebaran virus tanpa disadari kepada orang lain di sekitar Anda,” ujar Sarah Beale dari University College London (UCL) Institute of Health Informatics dan penulis pertama dalam penelitian ini, dikutip dari Metro.co.uk, Kamis (21/5/2020).

Penelitian yang diterbitkan dalam Wellcome Open Research mengacu pada data dari tiga musim dingin berturut-turut (2006 hingga 2009) dari studi Flu Watch di Inggris.

Untuk penelitian ini, 1.633 peserta menunjukkan perkiraan dasar perilaku kebersihan tangan dan infeksi virus corona yang diidentifikasi dari usap hidung. Hampir 80% peserta berusia di atas 16 tahun.

Pada awal setiap musim, peserta diminta untuk memperkirakan berapa kali mereka mencuci tangan pada hari sebelumnya. Frekuensi cuci tangan harian kemudian dikategorikan rendah, nol hingga lima kali sehari, sedang, enam hingga 10 kali sehari, atau tinggi, lebih dari 10 kali sehari.

"Sesuatu yang sederhana seperti mencuci tangan secara teratur dapat membantu kita menjaga tingkat infeksi tetap rendah dan mengurangi penularan. Ini adalah bukti empiris pertama bahwa mencuci tangan secara teratur dapat mengurangi risiko pribadi tertular infeksi virus corona. Temuan ini mendukung pesan kesehatan masyarakat yang jelas di sekitar efek perlindungan dari mencuci tangan dalam konteks pandemi Covid-19 saat ini,” tutur Ellen Fragaszy, UCL Institute of Health Informatics dan London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro