Ilustrasi/Sheknows
Relationship

6 Alasan Mengapa Kepercayaan Lebih Penting dari Cinta

Dionisio Damara
Sabtu, 23 Mei 2020 - 11:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kepercayaan dan cinta. Dua unsur itu merupakan faktor penting untuk membuat hubungan apa pun dalam hidup mampu bertahan dalam jangka panjang. Namun, mereka tidak selalu berjalan beriringan. Kalau disuruh memilih, kamu pilih yang mana?

Kerry Carmody, penulis di laman Bolde, mengatakan kepercayaan akan selalu menang setiap saat. Sebab, ia tidak diberikan secara cuma-cuma, tetapi diperoleh melalui proses panjang. Inilah penyebabnya.

1. Kepercayaan diperoleh, cinta diberikan gratis

Membangun kepercayaan dalam setiap jenis hubungan, termasuk platonik, romantis, atau bahkan pekerjaan biasanya membutuhkan waktu. Sementara untuk mencintai seseorang ataupun gagasannya dapat diberikan cuma-cuma tanpa perlu mengenal dengan baik.

“Dicintai dan disukai sangat bagus dan saya menghargai ketika orang-orang merasa seperti itu tentang saya, tetapi mendapatkan kepercayaan seseorang lebih penting bagi saya,” tulisnya.

2. Cinta membutakan, kepercayaan menerangi

“Saya lebih suka seseorang memercayai saya dengan mata yang sepenuhnya terbuka daripada mencintai secara membuta.”

Menurut Kerry, dia hanya ingin dicintai apabila orang lain telah mengetahui sosoknya yang sebenarnya, bukan dari ekspektasi ideal. Dia pun menyatakan tidak membutuhkan semua orang mencintainya, tetapi cukup dianggap sebagai orang yang mampu dipercaya dan jujur di atas segalanya.

percaya kepada pasangan
percaya kepada pasangan

3. Kepercayaan dan rasa hormat berjalan seiring

Adalah mungkin untuk memercayai seseorang itu jujur dan menghormati mereka. Kata Kerry, dipercayai adalah kualitas yang terpuji.

“Seseorang mungkin tidak selalu setuju dengan saya, mereka mungkin tidak selalu menyukai siapa saya, tetapi mereka selalu dapat mengandalkan fakta bahwa saya adalah orang yang jujur.”

4. Cinta tanpa kepercayaan adalah bom waktu

Mencintai tanpa memercayai pada akhirnya akan meledak dan ledakan tersebut kemungkinan besar merusak secara emosional atau mungkin secara fisik, tergantung pada siapa orang itu.

“Apabila seseorang mencintaiku tetapi tidak percaya, mereka pada dasarnya akan menungguku mengecewakan dan menyakiti mereka, dan bahkan jika aku jujur, mereka akan memperlakukanku seolah-olah aku sedang tidak jujur.”

5. Kepercayaan adalah dasar hubungan bermakna

Mampu memercayai satu sama lain adalah kualitas terpenting dalam hubungan apa pun dan itu adalah fondasi yang membuatnya tetap utuh ketika keadaan menjadi sedikit berbatu, sulit, atau menakutkan.

percaya kepada pasangan
percaya kepada pasangan

Memberikan kepercayaan kepada pasangan, merupakan bukti dari cinta dan saling percaya./Elite

“Cinta itu indah, tetapi kepercayaan itu nyata dan tahan lama, itulah sebabnya sangat ideal untuk memiliki keduanya. Namun, tanpa kepercayaan, cinta tidak memiliki dasar yang nyata dan cenderung hancur jika keadaan menjadi sulit atau berantakan.”

6. Dipercayai adalah pujian yang lebih dari dicintai

Kerry mengatakan bahwa siapa pun dapat dicintai karena berbagai alasan. Namun, apabila dipercayai, seseorang berarti telah terbukti dapat diandalkan dan memiliki integritas.

“Jauh lebih mudah dicintai daripada dipercaya karena kepercayaan membutuhkan waktu, usaha, dan kejujuran yang tulus.”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro