Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (UMI) membuat produk hand sanitizer atau pembersih tangan dari tanaman herbal di kampus UMI Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (12/3/2020). Pembuatan hand sanitizer dari bahan herbal seperti dari tanaman lidah buaya dan kulit buah jeruk yang dinilai baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh tersebut dibuat untuk mengatasi kelangkaan sejumlah produk kesehatan akibat merebaknya Virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.
Health

Sambut New Normal, Ini 7 Perlengkapan Wajib Dibawa Tiap Hari

Newswire
Sabtu, 30 Mei 2020 - 14:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa new normal (kenormalan baru) segera dimulai. Siap tidak siap dan mau tidak mau Anda juga harus mempersiapkan diri. Setidaknya ada beberapa benda wajib yang selalu siap sedia di dalam tas.

Apalagi dengan belum adanya vaksin virus Corona (Covid-19) maka masyarakat harus tetap hidup berdampingan virus tersebut. Supaya sehat pada era new normal, maka Anda harus menjaga kebersihan dan kesehatan.

Untuk beraktivitas kembali seperti ke tempat kerja, mal atau pun sekolah, setidaknya Anda harus memiliki beberapa benda berikut ini:

1. Masker

Selalu sedia masker cadangan dalam tas Anda, baik itu masker kain ataupun masker sekali pakai. Masker berfungsi untuk menghindari Anda dari percikan dahak atau air liur saat berada di dekat orang lain.

Jangan membuka masker dengan memegang sisi depan, tetapi bukalah dengan cara membuka tali yang berada di kuping atau bagian belakang kepala. Jika menggunakan masker kain, cucilah setiap habis digunakan.

2. Hand Sanitizer

Jika tidak menemukan wastafel untuk mencuci tangan, hand sanitizer sangat berguna dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tangan apalagi jika harus berada di tempat umum atau transportasi publik.

3. Tisu basah

Tisu basah dengan antibakteri merupakan alternatif jika tidak ada hand sanitizer. Tisu basah juga berguna untuk membersihkan alat makan di tempat umum, memegang gagang pintu dan lainnya.

4. Alat makan pribadi

Membawa alat makan pribadi seperti sendok dan garpu akan lebih baik dibanding menggunakan alat makan yang ada di tempat umum. Saat ini sudah banyak tersedia perlengkapan makan yang praktik dan mudah dibawa dalam tas.

5. Topi face shield

Sejak pandemi virus corona berlangsung, topi dengan face shield pun seperti menjadi tren baru, ada yang berbentuk baseball cap atau bucket hat. Jika Anda memutuskan untuk membeli topi face shield, pilihlah pelindung yang dibuat hingga bawah dagu. Selain itu, telinga juga harus tertutup dan tidak ada celah terbuka antara dahi dan pelindung wajah.

6. Alat salat

Khusus bagi para perempuan, usahakan untuk membawa mukena sendiri. Sebab Anda tidak akan tahu riwayat pengguna mukena yang disediakan di tempat-tempat umum. Bagi laki-laki juga sebisa mungkin untuk membawa sajadah sendiri.

7. Helm

Jika memungkinkan bawalah helm sendiri agar lebih aman saat bepergian dengan menggunakan jasa ojek online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro