William Trumbull
Entertainment

Karya-Karya William Turnbull : The Eternal Now Akan Dilelang

Yudi Supriyanto
Jumat, 5 Juni 2020 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Karya-karya salah satu seniman Inggris modern pada abad ke-20, William Turnbull : The Eternal Now akan dilelang di Sotheby’s secara daring pada 10 – 17 Juni 2020.

Dilansir dari laman Sotheby’s, penjualan daring yang dilaksanakan selama 8 hari tersebut akan menawarkan 44 karya yang jarang terlihat di pelelangan, bekerja sama dengan Offer Waterman yang mewakili warisan seniman.

Karya-karya yang menjadi sorotan dalam lelang nanti beriksar dari karya grafis Turnbull yang jarang terlihat sejak awal 1950-an hingga lukisan abstrak yang kuat, karya di atas kertas dan litograf yang dibuatnya pada 1980-an dan 1990-an. Kemudian terdapat juga tiga patung khas Turnbull.

Menggabungkan simbol-simbol kuno dengan kesederhanaan modernis, gambar-gambar ini langsung berbicara tentang kondisi manusia – melampaui waktu dan tanpa batas geografis. Kemudian, diikat bersama oleh kepekaan menurun.

“Yang digambarkan oleh seorang kritikus awasl sebagai ‘The Eternal Now’,” demikian tertulis dalam laman Sotheby’s yang dilihat Bisnis pada Jumat (5/6/2020).

Dilahirkan di Dundee pada 1922, Turnbull terpesona oleh seni sejak usia dini, dan belajar menggambar dengan rajin menyalin ilustrasi dari majalah.

Setelah pecahnya Perang Dunia kedua, Turnbull yang berusia tujuh belas tahun pergi untuk menjadi pilot di RAF dan diselimuti sensasi spasial baru di langit. Sekembalinya, dia diterima di Slade School of Fine Art pada 1946.

Melalui lelang ini dapat terlihat bagaimana perjalanan sang seniman dari awal ketika berada di Paris pada 1948. Pada awal-awal, dirinya bertemu dengan orang-orang seperti Albertro Giacometti, Constantin Brancusi, dan Paul Klee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro