Kanker paru/medicinenet.com
Health

Wajah Bengkak Bisa Jadi Gejala Kanker Paru

Krizia Putri Kinanti
Senin, 8 Juni 2020 - 13:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Gejala kanker paru-paru biasanya berkembang pada tahap akhir penyakit, itulah sebabnya mengenali mereka sangat penting.

Batuk adalah salah satu gejala yang paling umum diketahui, tapi nyatanya tanda signifikan di wajah tidak boleh diabaikan.

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan serius, dengan sekitar 47.000 diagnosis di Inggris setiap tahun. Meskipun biasanya tidak ada tanda atau gejala pada tahap awal, banyak orang akhirnya mengalami gejala termasuk batuk terus-menerus, sesak napas terus-menerus, kelelahan yang tidak dapat dijelaskan dan penurunan berat badan, dan sakit saat bernapas atau batuk

Tetapi gejala kanker paru-paru bukan hanya itu semata. Menurut Cancer Research UK, pembengkakan pada wajah dapat menandakan penyakit, dan ini disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah utama - penyumbatan vena cava superior.

“Vena cava superior (SVC) adalah vena besar yang membawa darah dari kepala, leher, dan lengan kembali ke jantung. Tumor dapat menekan atau memblokir SVC, atau menyebabkan gumpalan (trombus) di SVC. Ini menghentikan aliran darah kembali ke jantung dan menyebabkan peningkatan tekanan di kepala, leher dan lengan,” dikutip dari express.co.uk, Senin (8/6/2020).

Obstruksi vena cava superior terjadi pada 3 persen hingga 8 persen pasien kanker dan paling umum pada pasien dengan kanker paru-paru tetapi juga dapat disebabkan oleh limfoma, dan metastasis dari kanker payudara, usus dan kanker lainnya.

Tanda dan gejala obstruksi kava superior disebabkan oleh peningkatan tekanan di kepala, leher dan lengan. Bersamaan dengan pembengkakan di wajah, gejala-gejala berikut juga dapat terjadi:

-Sesak napas
-Pembengkakan vena di leher dan dada
-Pembengkakan leher dan lengan
-Kemerahan di wajah
-Sakit kepala atau perasaan penuh di kepala, diperburuk dengan menekuk atau berbaring
-Perubahan visi
-Pusing

Penting untuk mencatat obstruksi vena cava superior adalah keadaan darurat dan membutuhkan perhatian medis segera. Jika Anda mencurigai obstruksi vena cava superior, Cancer Research UK menyarankan untuk menghubungi dokter umum Anda, tim onkologi akut rumah sakit atau perawat spesialis tim perawatan paliatif atau tim medis segera.

“Pastikan pakaian longgar di leher dan lengan. Mendukung lengan pasien di bantal. Obstruksi vena cava superior bisa sangat menakutkan dan menyusahkan bagi pasien dan keluarga mereka. Jelaskan apa yang terjadi dan yakinkan mereka bahwa bantuan akan datang. Tawarkan obat pereda sakit pada orang tersebut jika mereka sudah memiliki resep. ”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro