Pedagang menata jahe merah yang dijual di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu n(4/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Ini Cara Bikin Empon-empon yang Manjur Lawan Virus Corona

Newswire
Rabu, 10 Juni 2020 - 22:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat banyak memburu empon-empon seperti jahe, temulawak, kunyit dan kencur untuk mengusir virus corona (Covid-19).

Dokter spesialis Gizi Klinik, RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Diana Felicia Suganda membenarkan jahe memang efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, sifat jahe, temulawak dan beragam rempah lain hanya sebagai pelengkap bukan makanan utama.

Untuk itu, masyarakat diharapkan tetap menjaga konsumsi gizi harian agar terpenuhi.

"Jahe memiliki antioksidan kuat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan zat aktifnya dapat menurunkan infeksi dan menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri," ujar Diana dalam bincang-bincang virtual, Rabu (10/6/2020).

"Jahe boleh dikonsumsi untuk tambahan, bisa dimasak sebagai bumbu atau minuman tapi utamanya tetap harus asupan gizi seimbang," lanjut Diana.

Diana mengatakan pola makan gizi seimbang adalah yang paling utama untuk meningkatkan imunitas seseorang. Jika kebutuhan gizi harian sudah terpenuhi, maka daya tahan tubuh secara otomatis menjadi besar.

"Jangan sampai anaknya dicekokin empon-empon tiap hari, dipaksa minum tapi dia melupakan makanan utamanya," ungkap Diana.

"Jangan sampai Anda mendewakan bahan makanan, tetap makanan utama yang baik, empon-empon dan jamu-jamuan sebagai tambahan dan pastikan ini alami, tidak yang kemasan dan berbentuk sachet," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro