Ilustrasi dokter akan menyuntikkan vaksin/istimewa
Health

Vaksin Covid-19 Sulit Tuntas 2020, Ini Analisis Perusahaan Farmasi

Novita Sari Simamora
Kamis, 11 Juni 2020 - 11:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para peneliti optimistis bahwa vaksin virus corona (Covid-19) yang layak mungkin selesai pada akhir 2020. Ahli lain juga memperingatkan bahwa timeline tersebut kemungkinan tidak realistis.

Sebab, hanya sejumlah kecil kandidat vaksin yang sedang diuji coba pada orang, dan kemungkinan banyak dari proyek lain tidak akan bertahan di luar tahap laboratorium.

Meski begitu, para ahli vaksin menunjukkan bahwa dana uji coba vaksin telah berlimpah, banyak pendekatan yang berbeda sedang dipelajari, dan kolaborasi antara perusahaan kecil mengembangkan vaksin dan perusahaan obat besar dengan kapasitas untuk memproduksi secara massal vaksin virus corona.

AS mengatakan akan mendanai dan melakukan uji coba fase III - langkah terakhir untuk menentukan seberapa baik vaksin bekerja dan terkait keamanan vaksin virus corona - dari tiga kandidat: Moderna Inc., AstraZeneca, dan Johnson & Johnson. Vaksin Moderna dan AstraZeneca sudah diuji pada manusia, sementara J&J mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan memulai pengujian pada paruh kedua bulan Juli.

Seperti dilansir dari WebMD Health, berikut update vaksin virus corona (Covid-19) di dunia:

1. Moderna

Vaksin Moderna, mRNA-1273, menggunakan messenger RNA, suatu pendekatan yang tidak memerlukan virus untuk membuat vaksin. Messenger RNA, atau mRNA, membawa instruksi untuk membuat protein spike, protein utama pada permukaan virus SARS-CoV-2 yang memungkinkan virus untuk memasuki sel ketika seseorang terinfeksi.

Ketika vaksin dengan molekul instruksi ini disuntikkan, ia pergi ke sel-sel kekebalan dan memerintahkan mereka untuk membuat salinan protein lonjakan, bertindak seolah-olah sel-sel telah terinfeksi dengan virus corona.

mRNA-1273 kini dalam fase II dari uji klinisnya dan dirancang untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas. Moderna telah mendaftarkan 600 sukarelawan sehat yang terbagi dalam dua kelompok umur: 18-55 tahun, dan 55 tahun ke atas.

Moderna juga sedang menyiapkan pedoman fase III, yang akan dimulai pada Juli 2020. Tahap III, fase uji klinis akhir, mengevaluasi efektivitas dalam kelompok yang jauh lebih besar dan membandingkan seberapa baik vaksin bekerja dibandingkan dengan plasebo. Moderna akan menguji dua dosis vaksin yang berbeda dalam uji coba fase III.

2. Universitas Oxford dan Astra Zeneca

Ilmuwan Universitas Oxford bermitra dengan AstraZeneca untuk mengembangkan vaksin Covid-19 yang dibuat dari versi melemahkan virus flu biasa, adenovirus, yang diambil dari simpanse. Adenovirus diubah secara genetis sehingga tidak dapat mereproduksi dirinya sendiri.
Vaksin ini dikombinasikan dengan gen protein lonjakan untuk memicu produksi vaksin terhadapnya yang memungkinkan sistem kekebalan untuk menghancurkan virus SARS-CoV-2.

Setelah mencapai perjanjian lisensi dengan Oxford University dan lainnya, AstraZeneca setuju untuk memasok lebih dari 2 miliar dosis secara global, mengantisipasi pengiriman 400 juta dosis sebelum akhir 2020.

3. Pfizer dan BioNTech

Perusahaan sedang menguji empat vaksin, masing-masing menggunakan messenger RNA, dengan kombinasi mRNA yang berbeda untuk antigen yang ditargetkan (untuk menghasilkan antibodi). Telah ada relawan di Jerman dan AS yang menjadi sukarelawan dalam uji coba vaksin virus corona.

Percobaan ini akan mengevaluasi keamanan, kemampuan untuk memberikan kekebalan, dan dosis optimal dari empat kandidat dalam studi tunggal dan berkelanjutan.
Awalnya mereka menguji vaksin pada orang berusia 18-55 tahun. Begitu tingkat dosis yang diberikan terbukti aman dan efektif, orang dewasa yang lebih tua akan diimunisasi.

Pfizer memperkirakan produksi jutaan dosis vaksin pada tahun 2020, meningkat menjadi ratusan juta pada tahun 2021. Lokasi pabrik telah diidentifikasi baik di AS maupun di tempat lain.

4. Inovio

Vaksin Inovio, INO-4800, adalah vaksin DNA dalam uji klinis fase I, kepada 40 orang sukarelawan. Teknologi ini menggunakan DNA yang dirancang untuk menghasilkan respons imun spesifik.

Secara teknis, uji coba vaksin ini akan masuk melalui pori-pori kecil di kulit untuk memberikan vaksin. Begitu DNA berada di dalam sel, ia memerintahkannya untuk membuat banyak salinan DNA buatan, dan ini merangsang respons kekebalan alami tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro