Halodoc hadirkan platform digital pelayanan kesehatan Halodoc Goes to Hospital (HG2H)/Youtube
Health

Halodoc Gandeng RS Hermina Perluas Layanan Rapid Test ke Pekanbaru

Rezha Hadyan
Jumat, 12 Juni 2020 - 15:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menekan laju penyebaran Covid-19 serta memperkuat penerapan protokol kesehatan menuju fase kenormalan baru atau new normal di Pekanbaru, Riau Halodoc (platform layanan kesehatan digital) menghadirkan akses layanan tes cepat (rapid test) Covid-19.

Layanan yang memanfaatkan metode drive thru ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Akses rapid test diharapkan bisa menambah kapasitas layanan tes dan membantu Pekanbaru menjadi zona hijau. Dalam pelaksanaannya, Halodoc menggandeng Rumah Sakit Hermina Pekanbaru sebagai tim medis di lapangan dan Ramayana Panam Pekanbaru sebagai penyedia tempat tes cepat (rapid test). Tes ini bisa diakses masyarakat Pekanbaru pada tanggal 8 - 20 Juni 2020 di Ramayana Panam Square Pekanbaru.

VP Marketing Halodoc Felicia Kawilarang mengatakan penerapan protokol kesehatan semakin penting dilakukan di masa transisi pandemi Covid-19 menuju fase kenormalan baru.

"Kami percaya pemanfaatan telemedicine bisa mendukung penerapan protokol baru kesehatan di masyarakat. Selama masa pandemi Covid-19, pengguna aktif Halodoc mengalami pertumbuhan hingga 10 kali lipat. Dimana layanan yang paling banyak digunakan mulai dari konsultasi dokter hingga beli obat. Dengan layanan rapid test, pengguna di Pekanbaru bisa merasakan fasilitas layanan kesehatan lengkap untuk mengecek risiko Covid-19,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima oleh Bisnis pada Jumat (12/6/2020).

Lebih lanjut, untuk mengakses layanan rapid test, pengguna cukup memilih menu ‘Tes Covid-19’ yang ada di halaman awal aplikasi Halodoc lalu memilih lokasi “Rapid Test Ramayana Panam by RS Hermina Pekanbaru”.

Setelah itu, pengguna dapat memilih hari dan waktu tes. Pengguna diwajibkan untuk melengkapi data diri dengan mengunggah foto kartu identitas sebagai kelengkapan proses pendaftaran dan menyelesaikan proses pembayaran. Bukti pendaftaran akan didapatkan melalui SMS dan notifikasi di aplikasi Halodoc untuk digunakan kembali saat registrasi di lokasi tes.

Pada saat melakukan pemeriksaan, pengguna dihimbau untuk datang ke lokasi dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi, atau menggunakan layanan transportasi online dengan tetap memperhatikan panduan keamanan selama perjalanan. Hasil pemeriksaan akan diinformasikan 1 hari setelahnya melalui SMS atau aplikasi Halodoc.

Jika hasilnya positif, maka akan direkomendasikan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter di Halodoc untuk menentukan penanganan selanjutnya, seperti isolasi mandiri atau pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit rujukan Covid-19.

Direktur Rumah Sakit Hermina Pekanbaru, Firdaus Nurdin mengatakan dengan metode drive thru, tim medis tetap bisa menerapkan pembatasan jarak fisik saat memberikan layanan.

"Dengan pelaksanaan tes cepat massal ini, kami berharap lebih banyak lagi masyarakat yang bisa memeriksakan kondisi kesehatannya. Dan dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, kita bisa bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru yang saat ini sudah berada di zona kuning,” ujarnya.

Lebih lanjut soal pelaksanaan rapid test drive-thru, Head of Marketing & Promotion Ramayana Panam Pekanbaru, Ainu Rofik mengatakan, “Kami sangat senang bisa berkontribusi langsung dalam upaya menekan laju penyebaran Covid-19 di Pekanbaru bersama Halodoc dan RS Hermina. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk datang ke Ramayana Panam Pekanbaru dan memanfaatkan layanan ini karena kami memastikan lokasi tes sudah dan akan kami desinfeksi secara berkala serta memastikan physical distancing tetap diterapkan, sehingga aman bagi aktivitas masyarakat menuju masa tatanan baru.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro