Bayi yang baru lahir, Phuc An, dengan memakai pelindung wajah terlihat sebelum meninggalkan rumah untuk mendapatkan vaksinasi, di tengah penyebaran penyakitCovid-19, di Hanoi, Vietnam, 13/4/2020. Phuc An lahir di rumah sakit Vinmec di Hanoi pada 1 April. Foto diambil pada 13 April 2020./Antara-Reutersnn
Health

Amankah Ibu Menyusui Bayinya saat Pandemi Covid-19? Begini Penjelasan WHO

Newswire
Sabtu, 13 Juni 2020 - 12:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ibu menyusui sepertinya tidak menularkan virus corona kepada bayi mereka dan, berdasarkan bukti terkini, manfaat pemberian ASI lebih besar ketimbang potensi risiko penularan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (12/6/2020).

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut bahwa pihaknya secara hati-hati meneliti risiko perempuan menginfeksi Covid-19 kepada bayi mereka selama menyusui.

"Kami tahu bahwa anak-anak relatif berisiko rendah terhadap Covid-19, namun berisiko tinggi terhadap berbagai penyakit dan kondisi yang jika tidak diberi ASI," kata Tedros saat konferensi pers.

"Menurut data yang ada, imbauan WHO adalah bahwa manfaat menyusui lebih tinggi ketimbang kemungkinan risiko penularan Covid-19," katanya.

Anshu Banerjee, penasihat senior pada Departemen Penelitian dan Kesehatan Reproduksi WHO, menyebutkan bahwa hanya "fragmen" virus yang sudah terdeteksi pada ASI, bukan virus hidup.

"Sejauh ini kami belum mampu mendeteksi virus hidup pada ASI," katanya.

"Jadi risiko penularan dari ibu ke anak hingga kini belum pastikan."


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro