Proses pengemasan ikan salmon/seafood.no
Health

Salmon Tak Bisa Jadi Inang Virus Corona, Ini Penjelasannya

Asteria Desi Kartika Sari
Kamis, 18 Juni 2020 - 20:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beijing dalam sepekan terakhir mencatat terjadi lonjakan kasus Covid-19. Hampir semuanya terkait dengan pasar makanan grosir besar.

Media pemerintah negara tersebut mengatakan virus itu ditemukan di papan potong yang digunakan untuk memotong salmon impor di pasar Xinfadi. Hal tersebut memicu kekhawatiran di seluruh negeri.

Supermarket dan restoran di seluruh Beijing bergegas menarik salmon dari rak mereka, sementara impor dari Eropa dihentikan.

Pada hari Rabu diumumkan bahwa seorang lelaki berusia 22 tahun, yang diketahui sesekali membersihkan makanan laut beku - telah dites positif terkena virus di Tianjin, dekat Beijing.

Tetapi Pusat Pengendalian Penyakit China (CDC) mengatakan bahwa kemungkinan salmon membawa virus itu. Jadi bagaimana dan mengapa kepanikan muncul?

Seperti dikutip BBC, Kamis lalu Beijing melaporkan kasus virus pertamanya setelah 57 hari tanpa infeksi yang ditularkan secara lokal.

Sejak itu, hampir 150 kasus telah dikonfirmasi. Hampir semuanya telah dikaitkan dengan pasar grosir terbesar kota Xinfadi yang memasok 80% sayuran dan daging Beijing dan digunakan oleh puluhan ribu orang per hari.

Tetapi tidak seperti pasar di Wuhan, tidak ada bukti perdagangan satwa liar di pasar Xinfadi. Jejak-jejak virus itu ditemukan pada talenan yang digunakan oleh penjual salmon impor.

Tetapi, Komisi Kesehatan Kota Beijing mengatakan sekitar 40 sampel dari pasar dinyatakan positif terkena virus, beberapa di antaranya bukan dari talenan yang digunakan untuk memotong salmon.

Seorang pejabat di Pusat Pengendalian Penyakit China mengatakan tidak ada bukti bahwa salmon adalah inang atau bahkan inang perantara untuk virus tersebut.

Shi Guoqing, wakil direktur pusat tanggap darurat CDC mengatakan tidak ada jejak virus pada salmon sebelum mencapai pasar. Hal tersebut menunjukkan virus itu ada di pasar, bukan di salmon itu sendiri.Para ahli juga sepakat tentang hal tersebut.

"Virus harus bergantung pada reseptor virus pada permukaan sel inang untuk menginfeksi sel. Tanpa reseptor tertentu mereka tidak dapat masuk ke dalam sel dengan sukses," kata Cheng Gong, seorang ahli virus di Universitas Tsinghua kepada CGTN dikutip Kamis (18/6/2020).

"Semua bukti yang diketahui sejauh ini menunjukkan bahwa reseptor semacam ini hanya ada pada mamalia, bukan ikan," lanjutnya.

Namun, kepala ahli epidemiologi CDC, Wu Zunyou, mengatakan ikan itu tidak dapat menangkap virus di habitat alami mereka - tetapi dia menambahkan bahwa ada kemungkinan mereka terkontaminasi oleh pekerja selama penangkapan atau transportasi mereka.

Secara keseluruhan, masih belum jelas apa sumber asli virus, atau dari mana asalnya, meskipun WHO mengatakan tidak dapat ditularkan melalui makanan dan minuman kepada manusia.

"Corona virus tidak dapat berkembang biak dalam makanan; mereka membutuhkan hewan atau inang manusia untuk berkembang biak," kata badan kesehatan global itu dalam dokumen yang dipublikasikan di situs webnya.

Menurut Global Times, China mengimpor sekitar 80.000 ton salmon dingin dan beku setiap tahun dari negara-negara seperti Chili, Norwegia, Kepulauan Faroe, Australia menurut Global Times.

Virus ini tidak merajalela di sebagian besar negara-negara ini - dan Norwegia mengatakan salmon mereka bukan sumbernya, setelah produsen salmon Norwegia melihat pesanan dari China dibatalkan pada akhir pekan.

Namun, negara-negara lain di seluruh dunia, tampaknya tidak terpengaruh oleh spekulasi salmon.

Pusat Keamanan Pangan Hong Kong mengkonfirmasi bahwa 16 sampel salmon impor dari negara-negara termasuk Chili, Islandia dan Denmark semuanya dinyatakan negatif untuk virus tersebut.

Antrian panjang juga terlihat di luar restoran sushi di kota.

Badan Makanan Singapura juga mengatakan tidak ada bukti bahwa virus itu akan ditularkan melalui makanan atau bahkan kemasan makanan, meskipun dikatakan akan memantau perkembangan di daerah tersebut.

Dia juga mengatakan sangat tidak memungkinkan virus dapat menyebar melalui kemasan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro