Ilustrasi/ifranchise
Relationship

Ini Alasan Kenapa Orang Berteriak Ketika Marah

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 18 Juni 2020 - 13:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Berteriak adalah topik yang relevan untuk setiap orang di planet ini karena semua orang telah mengangkat suara mereka dalam kemarahan selama hidup mereka.

Beberapa orang berteriak secara teratur, tetapi kita semua bersalah karena berteriak pada titik tertentu dalam hidup. Ada cara untuk bereaksi terhadap teriakan, tujuan untuk membantu meredakannya, tetapi malah meningkatkan situasi.

Berteriak tidak sehat untuk hubungan dan tidak memberikan hasil positif jangka panjang. Seseorang mungkin setuju untuk berteriak pada saat itu untuk membuat orang langsung melakukan apa yang diminta, tetapi setelah semuanya kembali normal, mereka biasanya kembali, karena teriakan itu tidak mengubah pola pikir mereka dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, seorang Ibu yang berteriak pada anak-anaknya untuk mengambil mainan mereka sebenarnya dapat mengakibatkan anak-anak mengambil mainan mereka pada saat itu. Namun, itu tidak akan mengubah pola pikir mereka bahwa mereka harus mengambil mainan mereka secara konsisten. Anak-anak akan belajar untuk mengambil jika mereka telah dikondisikan dengan sistem hadiah atau hukuman dan mereka mengakui pentingnya dan nilai mengambil mainan mereka.

Dikutip dari Lifehack.org, Kamis (18/6/2020), Berteriak merusak hubungan. Ini bukan cara yang konstruktif untuk menghadapi situasi yang sulit, namun setiap orang terlibat dalam teriakan. Beberapa lebih dari yang lain. Anda harus sadar akan teriakan Anda sendiri, pahami mengapa beberapa orang terus berteriak, dan juga tahu cara menghadapi teriakan.

Ketika seseorang terus-menerus meneriaki Anda dalam hidup, mereka menunjukkan tirani emosional terhadap Anda. Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan keunggulan dalam situasi dan berteriak adalah cara mereka untuk mendapatkan kendali atas Anda. Itu adalah bentuk intimidasi.

Teriakan itu mungkin bekerja sementara. Namun, keberlanjutan jangka panjang hasil dari teriakan itu tidak baik, karena itu adalah cara untuk mengintimidasi seseorang agar mereka melakukan apa yang diinginkan Si Peneriak. Berteriak tidak sehat untuk hubungan, pada kenyataannya itu merusak komunikasi yang sehat dan kedekatan hubungan.

Ketika seseorang marah dan mereka berteriak, ada berbagai alasan mengapa mereka berteriak. Sebagian besar alasan mengapa mereka berteriak bukanlah alasan yang baik untuk berteriak, jadi penting bahwa penerima bereaksi dengan benar, yang lebih penting adalah tidak reaktif.

Penting untuk memahami mengapa seseorang berteriak, karena paling sering berteriak adalah indikasi masalah dalam jiwa inti orang itu yang tidak ada hubungannya dengan penerima teriakan. Teriakan mereka adalah cerminan dari ketidakstabilan emosional mereka, meskipun teriakan mereka dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan dan dominasi dalam situasi tersebut. Berikut adalah beberapa alasan seseorang berteriak ketika marah:

1. Keterampilan coping yang buruk

Banyak orang berteriak karena itu adalah mekanisme untuk mengatasi dalam situasi sulit. Namun, mekanisme koping ini tidak memiliki hasil jangka panjang yang baik. Jika seseorang berteriak, karena itulah yang telah mereka pelajari untuk menghadapi kehidupan, mereka perlu mendapatkan bantuan dalam menemukan cara yang lebih baik dalam mengatur emosi mereka. Mereka mungkin menggunakan ledakan emosi sebagai cara mereka mengatasi kehidupan dan ini tidak sehat bagi mereka atau penerima ledakan mereka.

2. Kehilangan kendali

Seseorang mungkin berteriak karena mereka merasa kehilangan kendali atas situasi tersebut. Mereka mungkin kewalahan oleh pikiran, perasaan, dan emosi dan sedang mengalami kehilangan kendali atas semua hal ini sekaligus. Ini adalah kekacauan besar bagi mereka, sehingga mereka berteriak untuk mencoba mengendalikan apa yang mereka alami.

Mereka tidak memiliki keterampilan koping yang tepat untuk mendapatkan kembali kendali atas situasi dan lingkungan mereka, sehingga mereka terpaksa berteriak agar merasa bahwa mereka memegang kendali. Mereka mungkin mendapatkan perasaan kontrol, tetapi ini paling sering bersifat sementara, karena sebagian besar masalah tidak diselesaikan dengan berteriak.

Seseorang mungkin tampak memuji teriakan, hanya untuk menenangkan orang itu, tetapi dalam kenyataannya tidak ada yang terpecahkan untuk jangka panjang.

3. Merasa terancam

Pengganggu sering kali adalah orang yang memiliki jiwa emosional inti yang sangat sensitif dan mereka berusaha melindungi inti itu. Setiap kali mereka berpikir inti ini terancam, mereka bereaksi. Berteriak adalah salah satu alat yang mereka gunakan secara proaktif kapan saja mereka merasa terancam.

4. Kecenderungan agresif

Beberapa orang adalah individu yang sangat agresif. Mereka mungkin berteriak dan agresi dapat meningkat menjadi pertengkaran fisik. Anda jarang melihat perkelahian fisik yang tidak dimulai dengan mengangkat suara, berteriak, atau berteriak. Jika seseorang meneriaki Anda dan Anda tidak mengenal orang ini dengan baik, Anda harus berjaga-jaga bahwa teriakan itu dapat menyebabkan konfrontasi fisik.

Penting untuk tidak bereaksi secara agresif kepada seseorang yang berteriak agresif, seperti halnya menuangkan bahan bakar ke api amarah mereka dan hal-hal dapat menjadi fisik. Mungkin menjadi fisik jika mereka memiliki kecenderungan ini dan Anda mencerminkan teriakan mereka.

5.Perilaku yang dipelajari

Beberapa orang menjadi berteriak karena mereka dibesarkan di sebuah rumah tangga di mana orang tua mereka berteriak secara teratur. Mereka belajar bahwa ketika konflik muncul, begitu juga suara. Mereka belum belajar perilaku koping yang tepat ketika mereka dihadapkan dengan konflik dan situasi sulit. Berteriak selalu menjadi reaksi mereka terhadap situasi di mana mereka menemukan segala macam kekacauan.

6. Merasa terabaikan

Beberapa orang mengangkat suara mereka dan berteriak marah karena mereka merasa orang lain tidak mendengarkan mereka. Mereka mungkin bahkan mengulangi pesan mereka beberapa kali dan akhirnya mereka berteriak marah karena orang lain tidak menanggapi nada suara mereka yang lain.

Ini sering terjadi dengan berteriak saat mengasuh anak. Orang tua merasa anak-anak mereka tidak mendengarkan, jadi daripada terus-menerus mengulangi diri mereka sendiri, mereka berteriak pada anak-anak mereka.

Masalahnya adalah ini justru membuat anak-anak ketakutan. Berteriak dalam kemarahan juga sangat merusak anak-anak dan penelitian menunjukkan bahwa itu bisa sama berbahayanya dengan pelecehan fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro