Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

Ahli dari Italia Sebut Virus Corona Melemah dan Dapat Mati Tanpa Vaksin

Syaiful Millah
Senin, 22 Juni 2020 - 12:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ahli dan peneliti dari Italia mengungkapkan pandemi virus corona baru atau Covid-19 yang melanda seluruh dunia bisa berakhir dengan sendirinya, tanpa membutuhkan vaksin apa pun.

Dilansir dari Metro UK, Senin (22/6) Matteo Bassetti, profesor spesialis penyakit menular dari Santa Maria Misericordia University Hospital mengklaim bahwa virus corona telah berubah dari ‘harimau agresif’ menjadi ‘kucing liar’.

Dia menambahkan bahwa masyarakat mungkin tidak akan memerlukan vaksin virus karena nantinya virus itu akan mati dengan sendirinya, “Rasanya seperti harimau yang agresif pada Maret dan April lalu, tapi sekarang seperti seekor kucing liar,” katanya.

Dia melanjutkan bahkan pasien berusia tua dengan rentang 60 hingga 80 tahun sekarang ini dapat duduk di tempat tidur mereka dan tanpa bantuan alat pernapasan. Pasien yang sama akan meninggal dalam dua atau tiga hari pada bulan-bulan sebelumnya.

Menurutnya, virus corona baru berubah dalam tingkat keparahan selama empat minggu terakhir, dan virus itu berubah menjadi lebih lemah. Ada beberapa penjelasan yang mungkin dalam konteks ini, termasuk upaya lockdown yang menyebabkan orang terpapar dengan dosis yang lebih kecil.

Namun demikian, sejumlah ilmuwan lain dengan tegas membantah apa yang disampaikan oleh Bassetti. Angela Rasmussen dari Columbia University mengatakan bahwa tidak ada bukti apa pun yang mengungkap virus corona telah kehilangan potensi berbahayanya.

Oscar MacLean dari University of Glasgow menambahkan bahwa membuat klaim ini berdasarkan pengamatan anekdotal dari tes swab sangatlah berbahaya.

Dia melanjutkan walaupun pelemahan virus melalui mutasi secara teori sangat memungkinkan, tetapi itu bukan sesuatu yang bisa dijadikan harapan. Setiap klaim yang bersifat demikian memerlukan verifikasi dengan cara yang sistematis.

“Tanpa bukti yang jauh lebih kuat, tidak seorang pun seharusnya meremahkan bahaya yang ditimbulakn oleh virus yang sangat ganas ini, dan berisiko terhadap respons masyarakat yang sedang mengalami pandemi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro