Kamar mandi/Antara
Health

Apakah Aman Mengizinkan Tamu Menggunakan Kamar Mandi Saat Pandemi Corona?

Syaiful Millah
Rabu, 1 Juli 2020 - 13:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah kasus virus corona terus meningkat secara global pada tingkat yang cukup mengkhawatirkan, sementara vaksin masih belum tersedia membuat masyarakat harus mengimplementasikan berbagai upaya guna melindungi diri sendiri dan orang lain.

Namun demikian, sejumlah negara telah memutuskan untuk melonggarkan pembatasan yang dilakukan dan membuka kembali aktivitas ekonomi. Dalam kondisi risiko penularan virus corona yang masih tinggi, penting untuk selalu berhati-hati terhadap semua faktor yang dapat meningkatkan risiko infeksi.

Salah satunya seperti amankah membiarkan orang lain menggunakan kamar kecil kita? Dan tindakan seperti apa yang harus diambil dalam situasi tersebut. Berikut ini penjelasan terkait seperti dikutip Times of India, Rabu (1/7/2020).

Kendati risiko penularan penyakit dengan patogen melalui partikel tinja (penularan faecal-oral) sangat rendah, sebuah penelitian menemukan bahwa virus corona baru dapat hadir dalam kotoran hingga 33 hari kemudian setelah orang melakukan tes negatif.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengambil tindakan pencegahan tertentu ketika orang membiarkan orang lain berbagi kamar kecil, karena ada kemungkinan penyebaran virus corona melalui transmisi faecal-oral.

Dalam kondisi demikian, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan yang mendasari dari diri sendiri dan anggota keluarga. Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang berusia lanjut dan mereka yang menderita penyakit penyerta memiliki risiko terkena penyakit Covid-19 yang lebih parah.

Dengan mengetahui hal ini, kita bisa mengelompokkan anggota keluarga dalam risiko virus corona. Sangat disarankan untuk menghindari segala bentuk paparan pada orang yang tidak dikarantina. Selanjutnya, bila memungkinkan minta mereka menggunakan kamar kecil yang tidak sering digunakan.

Selain itu, penting juga untuk menyiapkan sejumlah perlengkapan seperti hand sanitizer, tisu dan semprotan disinfektan sebelum orang luar menggunakan kamar kecil yang ada. Minta mereka untuk membersihkan dudukan toilet sebelum dan sesudah menggunakan.

Untuk juga mengurangi kemungkinan partikel virus mengambang, tamu harus selalu menutup tutup toilet sebelum dibilas. Tak hanya itu, direkomendasikan juga bagi orang yang ingin ke toilet dalam waktu singkat untuk menggunakan masker.

Upaya-upaya tersebut mungkin terkesan berlebihan, tetapi segala cara harus dilakukan untuk menghindari risiko terinfeksi penyakit Covid-19, yang memiliki kemampuan menular sangat tinggi dan berisiko besar bagi kelompok orang tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro