Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Fashion

Spotify Pemuncak, Apple dan Google Saling Sikut di Bisnis Musik Streaming

Lukas Hendra TM
Senin, 6 Juli 2020 - 09:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pangsa pasar musik streaming di pasar global terus bertumbuh. Pada 2019, Counterpoint Technology Market Research mengungkapkan pertumbuhan mencapai 32% secara tahunan (year-on-year/y-o-y) menjadi 350 juta pelanggan.

Abhilash Kumar, Analis Riset dari Counterpoint Technology Market Research, mengungkapkan peningkatan tersebut didorong oleh ketersediaan konten eksklusif seperti podcast, konten dari sumber asli yang menarik orang ke platform yang pada akhirnya menjadikan mereka sebagai subscriber.

Tak hanya itu, dia menilai kegiatan promosi seperti pemotongan harga langganan di pasar negara berkembang, penawaran paket bundel bersama perusahaan operator telekomunikasi juga mendorong ke pertumbuhan.

“Kami berharap bahwa langganan streaming musik online tumbuh lebih dari 25% y-o-y hingga melebihi 450 juta langganan pada akhir 2020,” katanya dalam keterangan resminya, dikutip Bisnis, Senin (6/7/2020).

Kumar menambahkan langganan berbayar tumbuh 32% y-o-y pada 2019 dibandingkan pertumbuhan yang hanya 23% y-o-y pada tahun sebelumnya pada jumlah pelanggan aktif bulanan (monthly active user/MAU).

Hal tersebut, lanjutnya, menunjukkan bahwa mereka siap untuk membayar streaming musik untuk pengalaman yang bebas repot. Meskipun, hal tersebut tidak sepenuhnya didorong oleh pengguna. Menurutnya, platform streaming musik mengikuti pendekatan dua langkah untuk mendapatkan pelanggan.

“Pertama mendaftarkan mereka ke platform mereka sebagai pengguna gratis melalui kampanye iklan yang sangat baik dan kedua menawarkan mereka dengan penawaran menarik untuk mentransfer mereka agar menjadi pelanggan berbayar," katanya.

Dari hasil riset mereka yang dipublikasikan pada April 2020, menunjukkan bahwa sepanjang 2019 Spotify masih memuncaki pangsa pasar streaming musik dengan meraih porsi 31% dari total pendapatan dan porsi 35% dari total langganan berbayar.

Spotify Pemuncak, Apple dan Google Saling Sikut di Bisnis Musik Streaming

Posisi kedua yang menguasasi pasar adalah Apple Music dengan porsi 24% dari total pendapatan dan porsi 19% dari total langganan berbayar. Hanya saja, karena Apple fokus pada segmen layanannya yang meliputi Apple Music, basis pelanggannya (subscription) melonjak hingga 36% secara y-o-y pada 2019. Sementara, subscription Amazon Music mencapai porsi 15% pada 2019 dibandingkan dengan 10% pada 2018.

"Spotify mempertahankan posisi teratasnya dengan bantuan kegiatan promosi seperti Premium Spotify gratis selama tiga bulan, pemotongan harga, kampanye khusus seperti Spotify dan fokus pada konten eksklusif,” ujarnya.

Dia menambahkan raksasa teknologi seperti Amazon, Apple, Google telah mulai berfokus pada streaming musik dan memiliki uang tunai yang cukup untuk membantu persaingan yang ketat dengan Spotify. Apple Music membuat peningkatan dalam aplikasinya seperti pengenalan mode malam, daftar putar yang dikuratori untuk menargetkan grup, dll. Demikian pula, Amazon Music memiliki telah mencoba musik lossless dan menciptakan ceruknya sendiri di mana ia bersaing dengan Tidal.

Hanya saja, Kumar menilai meskipun pemain global sangat mendorong platform streaming musik mereka, pemain regional berdiri kuat di wilayah masing-masing, terutama karena paparan regional dan fokus tinggi pada konten lokal.

Kana, misalnua, terus menjadi pemain No. 1 di pasar India, Yandex Music memimpin di Rusia, Anghami memimpin pasar Arab, dan Tencent Music Group memimpin pasar Cina dengan bantuan aplikasi QQ Music, Kugou dan Kuwo.

“Kami berharap sektor OTT (over the top) akan mengalami peningkatan karena orang-orang di rumah aktif melacak informasi terbaru. Selama wabah ini, konsumsi audio OTT telah beralih dari streaming musik ke radio,” katanya.

Menurutnya, orang-orang di daerah yang sangat terkena dampak khawatir tentang wabah dan karena itu terus-menerus mengakses berita di TV / radio untuk informasi terbaru. Traksi saluran berita dan podcast melihat kenaikan sementara itu untuk streaming musik turun," katanya.

Spotify Pemuncak, Apple dan Google Saling Sikut di Bisnis Musik Streaming

Kumar mengungkapkan bahwa baik pemain regional maupun global banyak berfokus pada pembuatan konten eksklusif. Perusahaan podcast yang sedang mencari dan membuat saluran sendiri semuanya sedang dikerjakan. Sering kali konten eksklusif yang mendorong pertumbuhan berlangganan berbayar.

Menurutnya, lebih dari 80% pendapatan streaming musik berasal dari langganan berbayar. Sisanya berasal dari iklan dan kemitraan dengan merek dan perusahaan telekomunikasi. Di sana, peningkatan langganan berbayar sangat penting untuk platform streaming musik.

Amerika Latin dan Asia Dorong Pertumbuhan  Spotify Kuartal I/2020

Counterpoint Technology Market Research mengungkapkan Spotify memenuhi ekspektasi bisnisnya pada semua parameter utama meskipun terjadi COVID-19. MAU dan pelanggan premium tumbuh 31% y-o-y masing-masing mencapai 286 juta dan 130 juta pada periode tersebut.

Kumar dalam keterangannya mengungkapkan bahwa pencapaian itu didorong oleh kinerja regional yang kuat di Amerika Latin dan Asia Pasifik. MAU tumbuh 36% y-o-y di Amerika Latin sementara itu tumbuh 65% y-o-y di Asia Pasifik dan Afrika Timur Tengah karena kinerja yang baik dari Meksiko, Brasil, dan India.

Spotify Pemuncak, Apple dan Google Saling Sikut di Bisnis Musik Streaming

Laporan yang dipublikasikan pada Mei 2020 itu menunjukkan satu-satunya metrik yang tidak berkinerja sesuai dengan pedoman adalah pendapatan iklan. Ini karena pandemi telah membatasi banyak anggaran pengiklan dan telah menarik iklan dari platform.

Namun, Kumar mengungkapkan pendapatan ini hanya menyumbang 10% dari keseluruhan pendapatan Spotify sehingga Ini tidak membuat penyimpangan besar dalam pendapatan Spotify. Di sisi lain, pendapatan premi tumbuh 23% y-o-y dan 4% secara berurutan pada Kuartal I/2019. Menariknya, ini menunjukkan bahwa pertumbuhan pelanggan premium bukan hanya karena uji coba gratis yang diberikan oleh perusahaan, tetapi orang-orang rela membayar untuk berlangganan layanan ini.

Di tengah wabah COVID-19, pada tingkat global, hampir tidak ada dampak pada pelanggan dan MAU berbayar. Faktanya, MAU baru dan yang diaktifkan kembali tumbuh selama periode penguncian di pasar termasuk Amerika Utara, Amerika Latin, dan Asia Pasifik, dll. Khususnya, untuk rata-rata triwulanan, rasio pengguna aktif harian (daiy active user/DAU) dengan pengguna aktif bulanan (MAU) lebih tinggi dari Kuartal I/2019.

Awal akhir Februari, Spotify melihat efek negatif dari wabah karena ada penurunan yang signifikan dalam DAU dan konsumsi di Spanyol dan Italia yang sangat terpengaruh. Namun, pasar telah mulai pulih di pasar-pasar ini selama minggu terakhir bulan Maret.

Ketika orang-orang terus tinggal di rumah, penggunaan mobil, perangkat yang dapat dipakai, dan platform web telah menurun, tetapi kesenjangan ini dipenuhi dengan peningkatan daya tarik pada TV pintar dan konsol game yang naik lebih dari 50%.

“Ada pergeseran dalam pola dari mendengarkan saat pulang pergi ke mendengarkan di rumah. Podcast yang berkaitan dengan kesehatan dan meditasi telah menunjukkan peningkatan,” tulisnya.

Spotify Pemuncak, Apple dan Google Saling Sikut di Bisnis Musik Streaming

Dia menambahkan model freemium Spotify telah terbukti berhasil di masa pandemi dibandingkan dengan model premium Apple Music dan Amazon Music. Apple sangat menyadari fakta ini dan ini adalah salah satu alasan ia telah memberikan uji coba gratis 6 bulan kepada orang-orang di 52 pasar baru yang baru saja dimasuki.

Sementara itu, Spotify pindah dari musik terlebih dahulu ke perusahaan audio pertama, karena podcast telah mendapatkan keterlibatan pengguna selama lebih dari satu tahun saat ini. Perusahaan memiliki rencana yang jelas untuk terus berinvestasi di podcast dengan tujuan untuk meraih kategori konten eksklusif. Perusahaan ini mengakuisisi The Ringer pada Q1 2020 memberikan total empat operasi studio.

Kumar menilai memasuki pasar India telah menjadi langkah yang baik untuk Spotify. Pasalnya, masih ada banyak ruang untuk bersinar di pasar India karena data 4G yang murah dan sekitar setengah miliar smartphone yang mampu menginstal aplikasi.

Pada tahun 2020, lanjutnya, Spotify akan fokus pada peningkatan porsi pangsa pasar di negara lain. Di webcast, Spotify menegaskan bahwa ia melihat Rusia dan Korea Selatan memiliki potensi yang baik. Di sana akan bersaing dengan raksasa regional seperti Yandex Music di Rusia dan Melon di Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro