Ilustrasi/Bisnis.com
Health

10 Manfaat Mangga Muda, Cegah Asam Lambung Hingga Meningkatkan Imunitas

Desyinta Nuraini
Rabu, 8 Juli 2020 - 16:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mangga mentah atau muda kerap kali diincar wanita hamil yang sedang ngidam. Namun tahukah anda, manfaat mangga yang belum sepenuhnya matang tersebut begitu besar bagi kesehatan.

Memang selama ini banyak orang memilih untuk mengonsumsi mangga matang yang rasanya bukan saja manis, beraroma segar, namun juga kaya nutrisi. Eits jangan salah nyatanya mangga mentah menurut sebuah penelitian, menghasilkan vitamin C sebanyak 35 apel, 18 pisang, 9 lemon, dan 3 jeruk. Selain vitamin, mangga mentah juga mengandung zat besi dan lebih dari 80 persen kebutuhan magnesium dan kalsium setiap hari.

Melansir dari Boldsky, Rabu (8/8/2020), berikut manfaat kesehatan yang diperoleh ketika mengonsumsi mangga mentah:

1. Meningkatkan Kesehatan Hati

Mengkonsumsi mangga mentah bermanfaat untuk kesehatan hati karena membantu mengobati penyakit hati atau liver. Asam dalam buah mentah meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri. Sekresi juga membantu meningkatkan penyerapan lemak dengan membersihkan racun agar keluar dari tubuh.

2. Mencegah Asam Lambung

Mangga mentah kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino yang bekerja sama untuk menetralkan asam di lambung, sehingga mengurangi refluks asam dan mengurangi keasaman. Cobalah mengunyah sepotong mangga mentah untuk solusi cepat menetralkan asam lambung.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin C dan A dalam mangga mentah, bersama dengan nutrisi penting lainnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi mangga mentah tanpa dimasak, Anda dapat memanfaatkan manfaat nutrisinya secara maksimal.

4. Mengobati Gangguan Darah

Studi menunjukkan bahwa mangga mentah bermanfaat untuk mengobati gangguan darah umum seperti anemia, pembekuan darah, dan hemofilia. Mangga kaya akan vitamin C, mangga mentah meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan juga membantu dalam memproduksi sel darah baru.

5. Meredakan Gangguan Gastrointestinal

Hal ini karena mangga mentah kaya akan pektin, yang sangat bermanfaat dalam mengobati gangguan pencernaan. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk diare, gangguan pencernaan, dan sembelit. Mangga mentah sangat cocok untuk wanita hamil, karena membantu meredakan mual di pagi hari

6. Menurunkan Berat Badan

Mangga mentah adalah salah satu buah terbaik untuk dimakan ketika Anda ingin kehilangan kalori. Buah mentah membantu meningkatkan metabolisme Anda sehingga membantu Anda membakar lebih banyak kalori, dan juga lebih rendah kalori serta mengandung lebih sedikit gula.

7. Meningkatkan Energi

Para ahli menyatakan bahwa mangga mentah harus dikonsumsi setelah makan siang untuk membantu menghidupkannya kembali dari rasa kantuk di sore hari karena makan mangga mentah memberi tubuh Anda dorongan energi.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mangga mentah mengandung niacin, juga dikenal sebagai vitamin B3, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Niasin mengurangi kadar kolesterol darah dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

9. Melindungi Dari Dehidrasi dan Stroke Matahari

Mangga mentah membantu mengurangi efek panas yang hebat dan mencegah dehidrasi, karena mereka menghentikan kehilangan natrium klorida dan zat besi yang berlebihan dari tubuh, menjadikannya buah yang sempurna untuk musim panas. Yang harus Anda lakukan adalah merebus mangga mentah dan mencampurkannya dengan gula, jintan, dan sedikit garam untuk meredakannya. Selain itu, minum jus mangga mentah mencegah kelebihan natrium klorida dan zat besi karena keringat berlebih.

10. Dapat Mengobati Penyakit Kudis

Penyakit kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C, yang menyebabkan pendarahan gusi, ruam, memar, kelemahan dan kelelahan. Karena mangga mentah kaya akan vitamin C, mangga mentah atau bubuk mangga mentah dapat membantu menyembuhkan masalah ini. Mangga mentah memainkan peran penting dalam meningkatakan kebersihan gigi dengan mencegah bau mulut dan melawan kerusakan gigi juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro