Integrasi Facebook Whatsapp/irisundertheinfluence
Fashion

Facebook Integrasi dengan WhatsApp, Siap-siap Alami Perubahan Saat Percakapan

Rezha Hadyan
Kamis, 9 Juli 2020 - 07:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook siap untuk membuat beberapa perubahan drastis ke WhatsApp. Aplikasi pesan instan paling populer di dunia itu kemungkinan besar akan diintegrasikan dengan Facebook Messenger.

Seperti diketahui, Facebook, Instagram, dan WhatsApp berada di bawah satu naungan, yakni Facebook Inc.

Melansir Express pada Kamis (09/07/2020), menurut kode yang terungkap dalam perangkat lunak, Facebook telah menambahkan sejumlah referensi ke pesan WhatsApp dalam Facebook Messenger.

Temuan, yang digali oleh pengembang @Alex193a dan dilaporkan oleh WABetaInfo--sebuah situs web yang mengkhususkan diri untuk menelusuri fitur yang akan datang dengan menelusuri kode beta--menunjukkan bahwa Facebook ingin memungkinkan pengguna Facebook Messenger berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp tanpa berpindah aplikasi.

Pertanyaannya adalah WhatsApp menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk mengamankan semua komunikasi, sementara Facebook Messenger tidak.

Apabila rencana integrasi dilakukan, tentu muncul pertanyaan apakah pesan yang dikirim dari WhatsApp ke Messenger ke Facebook Messenger aman dari penyadapan? Atau ketika mereka membalas apakah obrolan itu menjadi satu-satunya di dalam aplikasi WhatsApp Anda yang tidak dienkripsi dari ujung ke ujung?

Apabila terjawab tentunya jawaban tersebut memberika gambaran besar bagaimana pendekatan Facebook Inc. terhadap keamanan data penggunanya.

Meskipun ini adalah pertama kalinya pengembang menemukan petunjuk di dalam kode tentang WhatsApp dan Facebook Messenger menggabungkan beberapa fitur, sebelumnya Facebook Inc. telah mengkonfirmasi rencana untuk menyatukan aplikasi.

Pada Januari 2019, Facebook mengkonfirmasi rencana untuk memungkinkan pengiriman pesan antarplatform berbeda, yakni Instagram, Facebook Messenger dan WhatsApp.

Ketiga layanan perpesanan ini akan tetap menjadi aplikasi mandiri di smartphone, tablet, dan desktop. Namun, akan ada sistem yang disiapkan untuk membuatnya lebih dekat dan terintegrasi satu sama lain.

Pada saat itu, Facebook mengatakan penggabungan akan menjadi "proses panjang".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro