Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan di Jakarta Timur. Foto: Google Maps April 2019
Health

RS Persahabatan Bertransformasi Jadi RS Covid-19

Mutiara Nabila
Jumat, 10 Juli 2020 - 11:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang menerima paling banyak pasien di seluruh Indonesia.

Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah menyebut hingga 7 Juli 2020 jumlah pasien Covid-19yang masuk sudah mencapai 1.179 pasien.

“Sebanyak 385 pasien atau 32,7 persen di antaranya positif Covid-19, 768 atau 65,1 persen bukan Covid-19, dan 26 orang atau 2,2 persen masih PDP,” ungkapnya, Jumat (10/7/2020).

Rita menjelaskan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) saat ini kecil karena pihaknya sudah bisa melakukan pemeriksaan swab dan punya alat sendiri, sehingga hasilnya tidak perlu menunggu lama.

RSUP Persahabatan saat ini sedang bertransformasi agar bisa sepenuhnya menjadi rumah sakit Covid-19 dan tengah menyiapkan diri menuju new normal.

“Kami sudah secara bertahap mengubah RS jadi RS Covid-19 karena ruangannya ada standarnya, jadi sekarang sudah ke arah sana. Tapi, kami masih punya layanan untuk non-Covid-19 seperti poliklinik untuk hemodialisa, radioterapi dan ruang rawat kemoterapi untuk mereka yang memang sudah rutin dan butuh perawatan,” jelas Rita.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, RSUP Persahabatan pernah menduduki ranking teratas untuk yang merawat kasus konfirmasi Covid-19, disusul Sidoarjo di peringkat kedua.

“Saya harap ini tidak terulang lagi, cukup ini saja,” kata Rita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro