Ilustrasi/Hercampus
Relationship

Sinyal Anda Harus 'Putus' dengan Sahabat

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 11 Juli 2020 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Putus dengan pasangan aalah hal yang wajar dan sering terjadi. Tapi bagaimana jika Anda harus 'putus' dengan teman atau sahabat Anda?

Ini juga mungkin pernah Anda alami. Bisa jadi karena intensitas pertemuan yang berkurang, atau juga karena adanya konflik.

Perpisahan dengan teman bisa mengerikan rasanya seperti Anda mengakhiri sesuatu tanpa batas yang dulunya penting bagi Anda.

Tetapi mengakhiri persahabatan daripada menyakiti diri sendiri adalah jalan yang baik.

Dr. Rachel Hoffman, kepala terapi di Real, menyebutkan tentang cara terbaik untuk memberi tahu sahabat Anda jika persahabatan sudah berakhir.

Dia menyebutkan ada beragam alasan kenapa persahabatan berakhir seperti berikut ini :

1. Jarak

Persahabatan jarak jauh menjadi terlalu sulit untuk dipertahankan Beranjak pergi bisa sangat membantu persahabatan. Meskipun kami memiliki banyak teknologi seperti SMS, obrolan video, dan media sosial untuk mengikuti perkembangan orang, terkadang ini tidak cukup untuk menggantikan apa yang hilang.

Waktu ikatan yang dihabiskan bersama dapat terasa sangat berbeda dari waktu yang dihabiskan untuk Zoom. "Persahabatan tidak perlu berakhir hanya karena jarak jauh," kata Hoffman kepada Insider. Namun, ada kemungkinan bahwa lingkungan yang membina hubungan itu, seperti keluar bersama dan minum, berjalan-jalan bersama, sudah tidak ada lagi.

2. Berbeda emosi

Fokus emosional utama mereka adalah pada kehidupan romantis, karier, atau di tempat lain Hidup dipenuhi dengan fase-fase yang berbeda apakah itu akan pergi ke perguruan tinggi, pindah ke kota untuk memulai karir, atau menetap dengan pasangan (atau mitra).

Sementara banyak orang mempertahankan persahabatan mereka melalui perubahan dalam hidup mereka, kadang-kadang perhatian mereka berubah.

3. Tidak memiliki energi yang sama lagi

Jika Anda mulai memperhatikan bahwa Anda atau teman Anda tidak lagi menggunakan energi yang sama dalam hubungan, mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali.

Secara alami, orang tumbuh terpisah dan mungkin mulai memprioritaskan berbagai bidang kehidupan mereka tergantung pada tahap kehidupan mereka.

Ketika persahabatan telah berjalan dengan sendirinya, Anda akan melihat bahwa Anda tidak lagi merasa terpenuhi olehnya dengan cara yang sama seperti dulu.

Jika Anda sampai pada kesimpulan bahwa energi yang Anda masukkan ke dalam hubungan sudah tidak layak lagi, inilah saatnya untuk berbicara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro