Penderita obesitas sangat tidak disarankan untuk olahraga lari/Istimewa
Health

Cek Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Obesitas

Newswire
Selasa, 14 Juli 2020 - 06:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi penderita obesitas disarankan untuk menghindari olahraga yang bertumpu pada lutut seperti berjalan hingga berlari.

Dokter spesialis gizi klinik Samuel Oetoro mengatakan, olahraga dapat membakar energi. Namun, tak semua jenis olahraga bisa dilakukan, pilih aktivitas fisik dengan intensitas rendah sampai sedang dan dilakukan secara rutin.

“Olahraga untuk obesitas jangan jalan apalagi joging,” kata Samuel pada live streaming membahas Gizi dan Sistem Reproduksi yang diadakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Alvin Setiawan di akun Instagram @alvino_georgie seperti yang dikutip dari Tempo (Selasa (14/7/2020).

Menurut Samuel, joging memaksa lutut pengidap obesitas menanggung beban sangat berat. Secara alami lutut akan menanggung dua kali beban tubuh ketika berjalan atau berlari. Samuel mencontohkan, apabila pengidap obesitas memiliki berat badan 90 kilogram, maka saat berjalan atau berlari, lutut akan menanggung beban 180 kilogram.

“Lutut yang menanggung beban berlebih berisiko terkena osteoarthritis (radang sendi),” ujar Samuel.

Beberapa pilihan olahraga yang direkomendasikan oleh Samuel antara lain sepeda statis, sepeda outdoor, dan berenang. “Lebih aman berenang,” kata Samuel.

Selain itu, Samuel juga mengatakan, ada satu syarat yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan, yaitu berolahraga minimal 150 menit dalam satu minggu. “Olahraga 150 menit bisa bisa dibagi dalam beberapa hari, kalau empat hari, berarti 40 menit satu hari, kalau lima hari seminggu, berarti 30 menit tiap harinya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro