Ilustrasi pencernaan sehat
Health

Suplemen Mengandung Serat Bantu Pencernaan Lebih Sehat, Imunitas Kuat

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 17 Juli 2020 - 13:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konsumsi suplemen menjadi alternatif pilihan masyarakat di tengah pandemi untuk menjaga stamina tubuhnya agar tidak mudah tertular penyakit.

Beragam suplemen pun ditawarkan di pasaran. Terutama yang menunjang stamina tubuh.

Tapi, konsumsi suplemen juga tidak bisa sembarangan. Karena, tidak hanya pada obat, suplemen juga dapat menimbulkan efek samping, yang terjadi karena tidak mengikuti anjuran pakai misalnya konsumsi berlebihan dan konsumsi walau tidak perlu.

Sebagai contoh, suplemen vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium dan menawarkan perlindungan tulang yang mencegah osteoporosis. Berdasarkan penelitian, orang sehat yang tetap mengonsumsi suplemen vitamin D walau tidak membutuhkan justru akan memicu atau menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

"Manfaat yang bisa didapatkan dari suplemen tergantung dari suplemen apa dan untuk tujuan apa, harus cocok, misalnya kurang konsumsi buah & sayur setiap harinya karena kesibukan sehingga merasa pencernaan kurang sehat dan lancar, ya cocoknya jelas dong suplemen serat. Namun usahakan untuk tetap konsumsi buah dan sayur ya", kata dr. Hilna Khairunisa M. Gizi, Sp. GK dalam siaran pers yang diterima Bisnis.

Manfaat suplemen juga beragam. Termasuk untuk masalah pencernaan.

Dewasa ini masyarakat modern terutama di kota-kota besar masih dalam kondisi kekurangan serat. Sesuai dengan laporan RISKESDAS 2018 yang menyebutkan 95,4% masyarakat Indonesia kurang konsumsi buah & sayur. Akibatnya kekurangan serat.

Kekurangan serat dari makanan ini sebenarnya bisa diambil dari konsumsi suplemen yang  membantu pencernaan lebih lancar dan lebih sehat.

Lancarnya pencernaaan juga bisa meningkatkan imunitas. Karena  kotoran dan racun yang menumpuk dalam saluran pencernaan, dan penyerapan nutrisi lebih optimal. Diketahui 70% sel imun terdapat di pencernaan, maka dengan pencernaan sehat otomatis imunitas pun kuat. Ujar Nida Nabilah S. Gz selaku Nutritionist FibreFirst.

"Dengan konsumsi suplemen seperti Fibrefirst bisa memperlancar BAB setiap hari, sehingga pencernaan sehat, juga tidak ada efek samping," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro