Ilustrasi/Talkfeed.co.za
Health

Lima Manfaat ASI, Mulai dari Makanan Terbaik hingga Kurangi Limbah

Dewi Andriani
Kamis, 23 Juli 2020 - 21:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pertama terbaik untuk anak. Selain untuk anak, pemberian ASI juga memberikan berbagai manfaat dan keuntungan yang didapat melalui momen menyusui ini, tidak hanya menjalin kedekatan antara anak dan ibu tetapi juga berdampak positif untuk lingkungan.

Dari berbagai manfaat pemberian ASI, berikut 5 manfaat yang didapatkan oleh anak, Ibu dan lingkungan atas pemberian ASI, seperti dikutip dari Mothercare Indonesia:

1. Kandungan zat gizi pada ASI meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Kesemua zat gizi ini membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada orak anak dan juga mempengaruhi perkembangan kemampuan intelektual anak serta perkembangan emosi yang lebih matang kelak ketika anak sudah lebih besar.

2. ASI cenderung lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak yang dapat membantu mempercepat mengandung IgA sekresi atau antibodi yang berfungsi sebagai pertahanan mukosa di saluran cerna untuk melindungi anak terhadap infeksi sehingga membantu menguatkan sistem daya tubuh anak dari serangan penyakit.

3. Dengan memberikan ASI kepada anak dapat menurunkan risiko Ibu terserang penyakit tertentu seperti radang sendi sebesar 20 persen selama menyusui minimal 12 bulan, diabetes tipe 2 sebesar 4 – 12 persen, hipertensi sebesar 11 persen, jantung sebesar 19% dan kanker payudara dan ovarium sebesar 28 persen.

4. Hormon oksitosin yang dilepas selama proses menyusui membuat Rahim berkontraksi lebih baik dan memudahkan mengembalikan rahim ke ukuran normal.

5. Menyusui adalah contoh utama dari hubungan mendalam antara kesehatan manusia dan ekosistem alam karena ASI merupakan makanan alami yang diproduksi tanpa polusi, kemasan ataupun limbah. Mendukung pemberian ASI untuk bumi yang lebih sehat

Mendukung kegiatan Pekan Menyusui Dunia 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 7 Agustus 2020, Mothercare mengajak Ibu untuk mengikuti kontes foto di Instagram ‘Fed with Love and Care’ yang menceritakan mengapa Ibu tetap tekun menjadi pejuang ASI.

“Mothercare selalu mendukung pilihan Ibu dalam mengasuh anak, salah satunya dengan memberikan informasi dan juga menyediakan keperluan terkait pemberian ASI pada anak,” ujar Vasudev Kataria, Senior Vice President Mothercare Indonesia dalam rilis yang diterima Bisnis, Kamis (23/7/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro