Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) menyuntikan vaksin rabies ke anjing peliharaan milik warga di kawasan Mangga Dua Selatan, Jakarta, Selasa (8/1/2019)./ANTARA FOTO-Muhammad Adimaja
Fashion

Ini Rincian Harga Beli dan Vaksin Hewan Peliharaan

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Selasa, 28 Juli 2020 - 11:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hobi memelihara hewan adalah suatu kegemaran bagi para pecinta hewan. Meski begitu, kira-kira berapa biaya yang digelontorkan untuk memelihara hewan?

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, Selasa (28/7/2020), ada beragam hewan peliharaan pilihan masyarakat Indonesia, umumnya adalah; kucing, anjing, dan ikan.

Untuk memelihara anjing dan kucing misalnya, membutuhkan biaya yang lumayan besar karena harus disesuaikan dengan masing-masing ras. Berikut sejumlah harga rata-rata untuk jenis hewan tersebut.

Jenis Anjing

Untuk anjing dari ras Pomeranian, harga rata-rata hewan ini adalah Rp2,5 juta.

Anjing dari ras Beagle, punya harga rata-rata Rp2,5 juta.

Sementara anjing dari ras Golden Retriever, harga rata-rata adalah Rp4 juta.

Jenis Kucing

Untuk jenis kucing dari ras Persia ternyata memiliki kisaran harga Rp1,5 juta.

Untuk ras kucing Anggora memiliki kisaran harga Rp1 juta.

Untuk ras kucing Himalayan memiliki kisaran harga Rp2 juta.

Jenis Ikan

Harga jenis ikan Lou Han adalah Rp300 ribu sampai Rp2 juta.

Harga jenis ikan Koi adalah Rp250 ribu sampai Rp5 juta.

Harga jenis ikan Arowana adalah Rp4,5 juta sampai Rp10 juta.

Tak hanya biaya awal membeli hewan, sebab ketika Anda memutuskan untuk memelihara binatang, Anda juga harus siap untuk mengeluarkan biaya vaksin.

Vaksin sangat diperlukan untuk mencegah hewan peliharaan Anda terjangkit dari segala jenis penyakit. Vaksin juga penting karena Anda tidak sepenuhnya tahu kondisi hewan peliharaan Anda saat dibeli dari toko binatang. Maka dari itu menjadi penting bagi Anda untuk membawa hewan ke dokter untuk divaksin terlebih dahulu.

Meski begitu biaya vaksin tidaklah murah. Apalagi penyuntikan vaksin bisa dilakukan lebih dari satu kali sesuai dengan kondisi hewan. Berikut rincian biaya vaksin bagi tiga jenis hewan peliharaan paling umum di Indonesia yaitu anjing, kucing, dan ikan.

Biaya vaksin untuk hewan peliharaan anjing berkisar pada Rp400.000 sampai Rp500.000 untuk biaya vaksin lengkap. Biaya vaksin untuk kucing berkisar pada Rp350.000 sampai dengan Rp450.000 untuk biaya vaksin lengkap. Sementara biaya vaksin ikan berkisar pada Rp150.000 sampai Rp300.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro