Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif./Euronews
Health

WHO Peringatkan Rusia untuk Patuhi Pedoman Produksi Vaksin

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 4 Agustus 2020 - 20:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan dan mendesak Rusia untuk mengikuti pedoman yang telah ditetapkan untuk memproduksi vaksin yang aman dan efektif setelah Moskow mengumumkan rencana untuk mulai memproduksi suntik COVID-19 dengan cepat.

Rusia mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya bertujuan untuk meluncurkan produksi massal vaksin coronavirus pada bulan September dan memproduksi jutaan dosis pada Oktober.

Rusia terus maju dengan beberapa prototipe vaksin. Para pejabat mengklaim bahwa satu yang diujicobakan oleh lembaga Gamaleya di Moskow telah mencapai tahap pengembangan lanjutan dan akan lulus pendaftaran negara.

"Kami sangat mengandalkan untuk memulai produksi massal pada bulan September," Menteri Perindustrian Denis Manturov mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh kantor berita negara TASS.

WHO menekankan bahwa semua kandidat vaksin harus melalui tahap pengujian penuh sebelum diluncurkan. "Ada praktik yang sudah mapan dan ada pedoman di luar," kata juru bicara WHO Christian Lindmeier dikutip dari channelnewsasia.com.

"Vaksin apa pun atau obat-obatan tentu saja, harus melalui semua berbagai percobaan dan tes sebelum dilisensikan untuk peluncuran," katanya.

"Kadang-kadang peneliti individu mengklaim bahwa mereka telah menemukan sesuatu, yang tentu saja, berita bagus. Tetapi antara menemukan atau mengklain memiliki vaksin yang efektif, dan telah melewati semua tahapan, adalah perbedaan besar." tegasnya.

Mengejar vaksin

Pandemi telah membuat semua negara berlomba menciptakan vaksin. Para ilmuwan di wilayah Eropa telah menyuarakan keprihatinan tentang kecepatan pengembangan vaksin Rusia, menunjukkan bahwa para peneliti mungkin mengambil jalan pintas setelah mendapat tekanan dari pihak berwenang untuk menciptakannya.

Tinjauan WHO tentang vaksin kandidat COVID-19, yang diterbitkan pada hari Jumat, mencantumkan 26 kandidat dalam evaluasi klinis - enam di antaranya telah berkembang sejauh tingkat pengujian Tahap 3 yang lebih luas.

Kandidat vaksin buatan Gamaleya, yang merupakan salah satu dari 26 yang diuji pada manusia, terdaftar sebagai Fase 1. 139 kandidat lebih lanjut di seluruh dunia terdaftar dalam evaluasi pra-klinis. Lindmeier mengatakan, WHO belum secara resmi diberitahu tentang vaksin Rusia apa pun yang akan segera diproduksi itu.

"Jika ada sesuatu yang resmi, maka kolega kami di kantor Eropa pasti akan memeriksa ini," kata juru bicara itu.

"Secara umum, ada serangkaian pedoman dan peraturan, aturan, cara menangani pengembangan vaksin yang aman. Ini harus dipatuhi untuk memastikan bahwa kita tahu vaksin apa yang bekerja, siapa yang dapat membantu dan, tentu saja, juga jika memiliki efek samping negatif." Tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro