Herbal/johntsagaris.co.uk
Health

Herbal Hadi Pranoto dari Mikroorganisme Tanah, Begini Kata Ahli

Desyinta Nuraini
Kamis, 6 Agustus 2020 - 09:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernyataan Hadi Pranoto yang mengklaim menemukan herbal antibodi Covid-19 terus menuai reaksi dari sejumlah pihak. Salah satu yang disorot yakni "jamu" tersebut mengandung mikrobakteri biologi tanah. 

Dikatakan hadi, unsur itu paling dominan di dalam herbal ramuannya. Dijelaskannya mikrobiologi tanah tersebut merupakan senyawa yang berasal dari tanah yang diurai menjadi bakteri baik hingga berbentuk cairan. 

Mengenai hal ini, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania mengatakan Hadi perlu menjelaskan lebih lanjut mikroorganisme yang digunakannya. "Itu orang omongannya benar-benar harus dikejar terus. Apa yang dia maksudkan mikroorganisme di dalam tanah," ujarnya dalam diskusi via daring, Rabu (5/8/2020), malam.

Kata dia, mikroorganisme yang mampu meningkatkan imunitas tubuh biasanya bakteri baik seperti probiotik. "Tapi kalau di tanah apa dulu. Di tanah ada cacing dan sebagainya. Ditanya detil dulu apa," imbuhnya.

Lebih lanjut Tania menerangkan, selain mikroorganisme, ada pula tanaman yang mampu mempengaruhi imunitas tubuh atau biasa disebut imunomodulator. Misalnya, echinacea, bawang putih, jahe merah, sambiloto, meniran, dan pedagan.

Adapun Hadi sebelumnya juga mengatakan bahwa ramuan herbal yang bisa mengatasi Covid-19 buatannya juga terdiri dari senyawa sirsak, manggis, kelapa, gula aren, dan beberapa campuran lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro