Ilustrasi rumah sakit/bisnis.com
Health

Tips Aman ke Rumah Sakit di Masa New Normal

Dewi Andriani
Selasa, 11 Agustus 2020 - 16:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hingga saat ini, angka pasien COVID-19 di Indonesia masih terus meningkat. Berbagai upaya preventif masih terus dilakukan, termasuk memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dalam beraktivitas sehari-hari. Meskipun aktivitas masyarakat mulai berangsur normal, namun, kekhawatiran akan tertular penyakit ini masih membayangi.

Banyak masyarakat yang masih segan menggunakan transportasi umum, atau mengunjungi tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, pasar, kantor, tempat pelayanan umum publik, hingga rumah sakit. Padahal, beberapa pemeriksaan rutin, konsultasi dokter, atau imunisasi si kecil harus tetap dijalani.
Felix Samuel, dokter umum dari di RS Pondok Indah – Pondok Indah mengatakan, ada beberapa kelompok tertentu yang sebaiknya tidak menunda pemeriksaan kesehatan di masa new normal dan harus tetap melakukan konsultasi tatap muka dengan dokter.

Terutama, pasien yang memiliki gangguan kesehatan metabolik seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, serta pasien yang memiliki masalah jantung dan kardiovaskular, ibu hamil, dan anak-anak yang membutuhkan vaksinasi.
Pada sesi konsultasi tatap muka, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan kondisi pasien secara lebih menyeluruh. Selain itu, pasien dengan gangguan metabolik juga disarankan melakukan pemeriksaan darah rutin di laboratorium untuk memantau kesehatannya secara berkala.

“Maka itu, kontrol dan konsultasi dengan dokter sebaiknya tidak ditunda meskipun di masa new normal ini,” ujarnya.
Apalagi bagi ibu hamil yang saat ini tengah mengandung sang buah hati, sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan kehamilan rutin, karena ada beberapa waktu-waktu penting yang tidak boleh dilewatkan.

Begitu pula dengan imunisasi si kecil yang sebaiknya tetap dilaksanakan sesuai jadwal, sehingga efektivitasnya lebih terjamin. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi si kecil dari penyakit infeksi lain selain COVID-19, seperti hepatitis, polio, tuberkulosis, campak, difteri, meningitis, rubella, cacar, dan sebagainya.

Bagi yang ingin berkunjung ke rumah sakit di masa new normal ini, Felix menyampaikan beberapa tips agar tetap sehat tanpa perlu cemas dan khawatir.
Pertama, pilih rumah sakit dengan protokol kesehatan yang ketat atau yang memisahkan area pasien dengan gejala COVID-19 dengan pasien dan pengunjung lainnya.

Kedua, kenakan masker dan face shield jika diperlukan. Ganti masker apabila sudah basah Ketiga, pastikan Anda selalu berada dengan jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain

Keempat, rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol selama minimal 20 detik. Upayakan juga untuk menghindari menyentuh fasilitas umum
Kelima, datanglah mendekati waktu konsultasi dokter sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama di rumah sakit. Keenam, jangan lupa untuk segera mandi hingga bersih dan mengganti pakaian setelah Anda tiba kembali di rumah.

Namun demikian, ada beberapa pasien yang tidak memungkinkan datang ke rumah sakit seperti pasien geriatric. Untuk itu, RS Pondok Indah Group menghadirkan layanan pendukung seperti telemedicine yaitu layanan konsultasi dokter tatap muka jarak jauh melalui video call dengan aplikasi Zoom di perangkat gawai.

“Kelompok usia lanjut dengan kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter, apalagi jika memang harus mengonsumsi obat rutin. Dengan pemeriksaan berkala, baik secara langsung ataupun dengan medium lain, akan menentukan kelanjutan pengobatan yang harus dijalani agar kesehatan selalu terjaga,” sarannya.

Pengambilan obat setelah telemedicine juga dapat dilakukan melalui layanan drive-thru. Selain untuk pengambilan atau pembelian obat, layanan drive-thru di RS Pondok Indah Group juga melayani pengambilan darah laboratorium dan pemeriksaan COVID-19 dengan metode rapid, Immunoassay, dan swab PCR dengan hasil yang bisa didapatkan pada hari yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro